8 Tanda Hamil Yang Kemungkinan Anda Rasakan


Ekspresi-ekspresi kaget dan pertanyaan sederhana sering bermunculan saat perempuan merasakan ada hal yang aneh yang sedang di rasakan mereka setelah melakukan hubungan suami-istri.

Tanda-tanda awal kehamilan menjadi suatu sarana untuk mengira-ngira saja, tapi yang perlu di ingat bahwa tidak semua tanda di bawah ini merupakan tanda kehamilan.

Namun, jika anda mengalami beberapa tanda yang sama dengan di bawah ini kemungkinan anda sedang hamil.


Nah, untuk mempermudah mendekteksi apakah anda hamil atau tidak, berikut ulasan mengenai 8 tanda hamil yang kemungkinan anda rasakan.

  1. Mual dan mutah
    Gejala ini memang identik sekali dengan kehamilan. Banyak orang yang meyakini bahwa sering mual terutama di pagi hari kemungkinan hamil.

    Sebenarnya perubahan hormone lah yang menyebapkan wanita hamil merasa mual dan muntah. Jika anda benar-benar hamil, tak usah kawatir karena gejala mual dan mutah hanya akan berlangsung pada trimester pertama.
  2. Perut Kembung
    Tanda hamil selanjutnya yang sering terjadi adalah perut kembung. Jika belakangan ini anda sering merasakan perut kembung bisa jadi perubahan hormon yang ada di dalam tubuh anda memicu perut kembung.
  3. Kenaikan Suhu Tubuh
    Jika terjadi kehamilan maka temperature suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Suhu sebenarnya ketika anda bangun tidur di pagi hari akan terus meningkat.

    Peningkatan tersebut hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi.Kondisi ini akan bertahan selama terjadi kehamilan. Dan berlangsur terus menerus.
  4. Tidak Menstruasi
    Meskipun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak terjadinya menstruasi selama berbulan-bulan bisa jadi merupakan tanda hamil yang sedang anda alami. Sangat disarankan bagi wanita untuk mencatat tanggal siklus haid mereka.
  5. Sering Kencing
    Keinginan buang air menjadi lebih sering dari biasanya? Kemungkinan anda sedang mengandung karena janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibanya adanya peningkatan sirkulasi darah.

    Namun, untuk memastikannya anda harus membawa alat tes kehamilan agar lebih yakin apakah hal itu di sebapkan oleh kehamilan atau tidak.
  6. Payudara Membesar
    Ada kalanya gejala ini seperti tanda saat anda mendekati hari menstruasi. Rasa nyeri dan payudara lebih besar dari ukuran sebenarnya.

    Beberapa wanita bahkan bisa meraakan perbedaan ini setelah beberapa hari setelah terjadi pembuahan.
  7. Penciuman Lebih Sensitif
    Perubahan hormone saat hamil yang terjadi di dalam tubuh wanita hamil terkadang menyebapkan penciuman mereka lebih sensitif dari biasanya. Hal ini juga memicu si ibu hamil menjadi eneg dan perasaan ingin mual.
  8. Sembelit
    Sembelit terjadi karena peningkatan hormone progesterone. Hormone ini berdampat mengendurkan otot-otot dinding usus sehingga menyebapkan sembelit atau susah buang air besar.

    Namun terdapat keuntungan yang di dapat si ibu hamil, karena memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil

Setelah mengetahui tanda hamil di atas semoga calon ibu mulai meningkatkan perhatian pada kesehatan diri dan perkembangan janinnya.

Pada awal kehamilan sebaiknya konsumsi buah dan sayur, banyak minum air putih dan hindari aktivitas yang terlalu berat.

Artikel Terkait