Ciri Hamil yang Tak Disadari Calon Ibu


Kehamilan merupakan periode dimana seorang wanita berhenti menstruasi karena adanya pembuahan yang terjadi. mereka membawa embrio di dalam rahimnya. Namun ciri hamil ini biasanya mirip dengan gejala sakit biasa seperti gejala masuk angin.

Sehingga para calon ibu tak menyadari jika dirinya sedang mengandung. Padahal, yang harus dilakukan oleh ibu hamil adalah menjaga kondisi badanya dan memakan makanan yang bayak gizi dan vitamin agar perkembangan janin pun ikut baik dan sehat.


Maka dari itu, setiap pasangan yang sudah menikah seharusnya mempelajari ciri hamil sehingga anda dapat memperkirakan apakah anda sedang hamil atau sekedar sakit biasa.

Bagi anda yang penasaran, berikut saya informasikan 8 ciri hamil yang harus anda ketahui:

  1. Payudara bengkak dan terasa lebih lebih
    Apakah anda merasakan nyeri pada payudara? Kondisi nyeri payudara adalah kondisi kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan payudara akan lebih mengisi besar, dan berubah bentuk karena mempersiapkan untuk menghasilkan asi.

    Anda akan merasakan payudara yang sensitive dan lemut selama beberapa bulan kedepan saat kehamilan. Perubahan warna aerola pun menjadi lebih gelap dari sebelumnya.
  2. Perubahan bentuk tubuh
    Bukan hanya perut yang akan mengalami perubahan seperti membuncit, namun bagian lainya pun akan ikut menyertai perubahan sering membesarnya perut.

    Seperti pada bagian, bokong, pahan dan dada, serta lengan tangan juga akan mengalami pembengkakan.
  3. Mual
    Rasa mual yang dirasakan ibu hamil adalah karena adanya peningkatan hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin yang menyebapkan pedih pada bagian lapisan perut sehingga anda akan reflek mual dan mutah.

    Biasanya rasa mual ini akan hilang pada saat anda memasuki trimester ke-2 kehamilan. Kondisi ini akan menyertai anda sepanjang hari lebih-lebih pada pagi hari ketika anda bangun tidur.
  4. Perubahan mood
    Perubahan mood ini selau datang menemani wanita hamil. Ada kalanya mereka merasakan bahagia, tapi beberapa waktu kemudian menjadi galau, hingga mara-marah tak jelas.

    Perubahan hormone ini termasuk hal yang biasa karena adanya perubahan hormone secara derastis di dalam tubuhnya.
  5. Pusing (headaches)
    Pusing atau sakit kepala memang hal biasa yang dialamai setiap orang. Hal ini juga termasuk kondisi yang sering dialami oleh wanita hamil. Rasa sakit ini yang dialami wanita hamil dapat disebapkan oleh beberapa factor fisik, seperti rasa lelah, lapar, mual dan tekanan darah.

  6. Sering meludah (hipersalivasi)
    Perubahan hormon estrogen ini menyebapkan wanita hamil sering meludah setiap saat. Biasanya kondisi ini terjadi pada kehamilan trimester pertama dan akan menghilang pada trimester K3-2.
  7. Merasakan gejala PMS
    Anda merasakan perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat? Gejala ini memang sama dengan gejala pms padahal gejala yang seperti ini adalah ciri hamil yang mungkin anda alami.
  8. Naiknya temperature basal tubuh
    Jika terjadi kehamilan, maka suhu basal tubuh wanita hamil akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadi kehamilan. dan akan berakhir setelah anda melakukan persalinan.

Itulah 8 poin yang merupakan ciri hamil yang di alami wanita yang sedang hamil muda. Namun tidak semua wanita akan mengalami hal tersebut, untuk memastikannya dan mendapatkan hasil yang akurat segeralah ke dokter kandungan atau bidan terdekat.

Artikel Terkait