Tips Mudah Menjalani Usia Kehamilan Trimester Kedua


Kehamilan trimester kedua atau pada bulan ke-4 sampai ke-6 ialah masa dimana bayi akan tumbuh berkembang. Pada masa ini janin yang ada dalam rahim sang ibu sudah memiliki bentuk yang mendekati sempurna. Bagian indranya pun sudah mulai terbentuk. Tetapi terkadang pada masa trimester kedua ini banyak ibu yang merasakan gejala-gejala yang belum pernah didapatinya semasa tidak mengandung. Gejala-gejala yang muncul dalam trimester kedua ini merupakan hal yang biasa terjadi pada ibu-ibu yang sedang hamil. Didalam trimester kedua ini posisi kepala sang bayi masih berada di atas perut. Dan dalam masa ini bayi sudah mulai bergerak-gerak, tentunya hal ini akan Anda rasakan.

kehamilan trimester kedua

Selain itu, di masa kehamilan trimester kedua ini sebaiknya Anda banyak mengurangi berbagai aktivitas. Hal ini dikarenakan, meningkatnya hormon kehamilan dalam masa ini. Terkadang ibu-ibu juga mengalami gangguan dalam pencernaan di masa-masa trimester kedua ini. Tetapi jika Anda mengalaminya, maka solusi yang tepat ialah dengan memperbanyak mengonsumsi makan-makanan berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan serta minum air putih. Selain itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika kehamilan menginjak trimester kedua :
  • Selalu menghindari aktivitas yang berat seperti mengangkat beban yang berat, menarik beban berat, mendorong serta kurangi melakukan jogging.
  • Perbanyak istirahat karena dalam masa kehamilan organ vital dalam tubuh seperti jantung, hati, paru-paru akan bekerja ekstra keras.
  • Usahakan ketika ingin mengambil barang jangan membungkuk, usahakan mengambilnya dengan posisi jongkok terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar janin didalam perut tidak tertekan.
  • Mulailah melakukan perawatan payudara, hal ini supaya produksi ASI terjaga dan berlimpah.
  • Biasakan mandi dengan menggunakan air hangat, air hangat dirasa dapat merenggangkan dan merileks kan otot-otot sang ibu supaya dapat dengan mudah tertidur.
  • Gunakan sAndal atau sepatu yang memiliki tumit datar atau tidak ber-hak tinggi.
  • Usahakan jangan tidur setelah makan, karena lambung akan menjadi panas da kerja lambung menurun dalam melakukan penyerapan makanan.
  • Jangan berdiri terlalu lama karena dikhawatirkan akan mengalami pembengkakan di bagian kaki karena menopang berat badan yang sangat berat.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika usia kehamilan Anda atau istri Anda menginjak trimester ke dua atau bulan ke-4 sampai bulan ke-6. Pada saat kehamilan trimester kedua ini Anda harus selalu menjaga pola hidup sehat dengan banyak makan-makanan yang mengandung mineral serta vitamin. Semoga dengan beberapa tips diatas dapat membantu Anda dalam melewati kehamilan trimester kedua ini.

Artikel Terkait