Gejala yang Muncul pada Saat Usia Kehamilan 8 Bulan


Masa kehamilan 8 bulan ialah masa yang sangat dinanti, hal ini dikarenakan akan semakin dekatnya bayi terlahir. Masa  ini biasa juga disebut dengan masa trimester ketiga. Dalam masa ini semua indra pada janin sudah mulai berfungsi secara normal, selain itu gerakan-gerakan yang ditimbulkan oleh sang bayi juga akan semakin terasa jelas. Pada kehamilan 8 bulan, posisi kepala bayi berada dibawah (cephalic).

Paru-paru pada sang bayi pun sudah sempurna begitu pula plasenta yang membungkusnya sudah mencapai kematangan. Berat janin saat ini sekitar 1,7 kg serta memiliki panjang sekitar 45-50 cm. kuku-kuku jari tangan  maupun kaki sang bayi akan mulai tumbuh, serta kelopak matanya sudah dapat membuka dan menutup. Tetapi oksigen yang dibutuhkan oleh janin masih sepenuhnya disuplai oleh ibu. Pada masa seperti ini, janin sudah dapat mempelajari suara-suara dari luar.

gejala kehamilan 8 bulan

Selain perkembangan fisik, otak janin pun terus berkembang dengan pesat dan bahkan fungsi dari otakpun akan semakin baik dalam menghantarkan suatu rangsangan syaraf. Pada bulan kedelapan ini aktivitas janin akan menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan oleh ibu. Dalam masa ini, janin akan banyak beraktivitas dalam siang hari dan pada malam harinya ia akan beristirahat. Dalam masa kehamilan 8 bulan pasti Anda akan merasakan gejala-gejala seperti berikut ini :
  • Mudah sekali lelah
    Hal ini dikarenakan oksigen dan makanan yang Anda konsumsi juga dikonsumsi oleh janin sehingga tidak 100% makanan tersebut terserap oleh tubuh Anda sendiri. Sehingga diharapkan Anda mengurangi berbagai aktivitas yang bisa membuat Anda lelah.
  • Merasakan sakit punggung
    Sakit punggung sering terjadi pada bulan ke-8 ini dikarenakan perut yang terus membesar dan hal itu mempengaruhi bentuk tubuh. Serta hormon relaxin yaitu hormon yang mengendurkan persendian sedang mempersiapkan diri untuk proses melahirkan. Selalu lakukan latihan panggul dengan menggoyang-goyangkan panggul serta tambahkan bantal dibawah punggung ketika Anda akan tidur.
  • Sering kencing
    Hal ini dikarenakan janin yang terus berkembang dan semakin menekan kandung kemih, kandung kemih ialah saluran yang mengatur keluarnya kencing. Tetapi Anda dapat mengatasi dengan banyak makan-makanan berserat dan harus menghindari kafein.


Nah, itulah tadi beberapa gejala dalam kehamilan 8 bulan yang sering dirasakan oleh ibu-ibu yang sedang hamil. Selalu jaga pola hidup sehat demi perkembangan baik sang janin. Dalam masa ini Anda akan sering emosi karena sesekali menahan rasa sakit yang ditimbulkan oleh jani, tetapi Anda bisa mengurangi emosi dengan Anda selalu berpikir positif dan selalu dekat bersama keluarga yang akan memberikan dukungan sehingga Anda bisa merasa lebih tenang. Semoga dengan pengetahuan diatas akan menjadikan Anda lebih siap dalam menunggu kelahiran sang buah hati.

Artikel Terkait