Mendeteksi Kehamilan Dini


Mengetahui tanda kehamilan dini adalah salah satu langkah baik yang memang seharusnya dilakukan oleh calon ibu. Semakin dini calon ibu mengetahuinya, maka akan semakin dini juga persiapan yang dapat dilakukan agar mendapatkan calon buah hati yang sehat dan juga dapat tumbuh dengan baik dan sempurna. Sebagai calon ibu, kita juga harus mengetahui beberapa tanda kehamilan yang terjadi pada diri kita. Berikut akan kami bagikan ciri-ciri yang dapat anda ketahui.

Tanda kehamilan yang dapat diketahui

Tanda kehamilan dini yang pertama yang dapat kita ketahui adalah perubahan pada bentuk badan kita. Biasanya orang hamil akan memiliki bentuk badan yang sedikit lebih gemuk dari biasanya. Daerah yang jelas sekali terlihat biasanya di bagian paha, bokong, dada, dan juga lengan tangan. Bagian-bagian tersebut akan terlihat menggemuk dari biasanya.

tanda kehamilan dini

Tanda awal kehamilan

Tanda kehamilan dini yang dapat anda ketahui berikutnya adalah tanda berupa bercak atau flek. Munculnya bercak ini biasanya terjadi setelah 8 hingga 10 hari sesudah anda berhubungan. Sebagian orang mengganggap bercak ini adalah bercak pra menstruasi padahal bercak ini adalah bercak yang disebabkan oleh implantasi atau akibat dari menempelnya embrio pada dinding rahim anda sehingga menyebabkan seseorang mengalami pendarahan atau kerap disebut dengan kram perut.
Baca juga : Tanda Kehamilan Sangat Pasti
Selain itu, anda juga akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Jika keterlambatan ini sudah berlangsung lama, maka besar kemungkinan kalau anda sedang hamil sehingga tidak mengalami menstruasi sebagaimana mestinya. Anda tidak perlu khawatir, anda cukup melakukan tes kehamilan atau memeriksakan diri ke bidan atau dokter terdekat untuk mengetahui apakah anda benar hamil atau tidak.

Tanda kehamilan dini yang selanjutnya adalah perasaan ngidam. Ya, anda kan mengalami masa ngidam, yakni menginginkan sesuatu yang berbeda di setiap waktu yang sama. Jika ngidam ini tidak dituruti, maka wanita biasanya akan marah-marah dan emosi. Sehingga bagi anda calon ayah, anda juga harus memperhatikan perubahan yang terjadi pada istri anda. bisa jadi istri anda sedang ngidam dan anda tidak mengetahuinya.

Artikel Terkait