Ciri Ciri Ibu Hamil 7 Bulan dan Tips Menghadapinya


Jika kehamilan memasuki bulan ke 7, biasanya wanita yang tingga di jawa akan melalukan serangkaian ritual yang disebut dengan mitoni. Menurut orang jawa, kehamilan 7 bulan adalah kehamilan yang sangat sakral.

Dan beberapa dari wanita jawa telah mempersiapkan segala kebutuhan bayi. Missal saja seperti, popok bayi dan keperluan lainnya. Jika dilakukan pemeriksaan USG, pada usia kehamilan 7 bulan bayi telah dapat dikatakan terbentuk dengan sempurna.

Jenis kelamin bayi pun sudah dapat diketahui dengan jelas lewat pemeriksaan USG. Untuk ukuran janin dalam kandungan diperkirakan mempunyai panjang 36 cm dan berat janin di perkirakan sudah 2 kg.


Ciri-ciri Ibu Hamil 7 Bulan

Pada usia kehamilan inilah saat-saat anda menikmati kehamilan selama kehamilan tanpa hal-hal yang mengganggu. 

Bagi anda yang ingin merelaksasikan tubuh, inilah masa yang sangat tepat untuk memanjakan tubuh anda.

Meskipun untuk istirahat dengan baik dan membuat diri merasa lebih nyaman.

Anda akan merasa antusias dengan perkembangan bayi yang mulai sering bergerak menendang-nendang. Hal ini akan menambah kesegaran dan refresing maupun hiburan tersendiri bagi anda.

Dalam ciri-ciri hamil 7 bulan anda akan merasakan perubahan-perubahan pada fisik. Selain perubahan pada fisik, anda juga akan merasakan perubahan pada emosiaonal. Perubahan tersebut akan penulis jabarkan dibawah ini:

A. Perubahan dan gejala fisik
  • Perut akan mulai terlihat membesar seiring dengan perkembangan janin, di permukaan perut juga akan mulai terlihat benjolan jika janin menendang atau bergerak mencari ruang di rahim.
  • Pada trimester ketiga ini gejala-gejala yang bisa mengganggu adalah susah untuk tertidur lelap, kurang nyaman dalam tidur dan sakit pinggang.
  • Tubuh akan mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan yang ditandai dengan sendi akan terasa lebih kendor karena efek dari pelepasan rekalsin.

B. Perubahan dan gejala emosional
  • Rasa penasaran mungkin akan mulai menyertai hari-hari anda yakni rasa penasaran mengenai proses kelahiran. Bahkan anda akan mulai bertanya-tanya pada teman, saudara dan dokter tentang proses kelahiran nanti.
  • Anda akan mulai mempelajari semua hal tentang kelahiran dan cara merawat bayi.

Tips Menghadapi Hamil 7 Bulan


Senam hamil


Mulailah untuk banyak melakukan aktivitas senam untuk ibu hamil. Manfaat senam sendiri sangat baik untuk mempersiapkan proses kelahiran sang bayi.

Ajak bayi bicara


Pada usia 7 bulan, bayi sudah mulai bisa mendengarkan suara. Jika anda sering mengajaknya berbicara maka respon bayi pun sangat baik. Biasanya bayi akan merespon dengan cara menendang-nendang.

Pijat perut


Pijatan lembut akan membantu anda dalam melancarkan peredaran darah. Selain melancarkan peredaran darah juga dapat mengurangi rasa stress pada kulit yang tertarik kencang.

Itulah info kehamilan mengenai ciri-ciri ibu hamil 7 bulan beserta tips mengahapinya. Penulis doakan semoga proses kehamilan berjalan lancar dan bayi keluar dengan kondisi yang sehat.

Artikel Terkait