Ciri ciri Wanita Hamil 3 Bulan dan Keluhan yang Dialami


Kehamilan dengan usia 3 bulan ini kebayakan wanita telah mengatahui bahwa dirinya sedang mengandung. Sebab, jika di lihat secara kasat mata, perut dengan usia kehamilan 3 bulan sudah agak menonjol.

Banyak sekali hal yang perlu di pelajari tentang kehamilan 3 bulan. Sebab pada awal kehamilan ibu hamil sangat antusias akan kehamilannya. Tak heran jika banyak sekali ibu hamil yang memperlajari dan mencari cari tahu tentang perkembangan janin.

Biasanya, kita sudah mulai memberi kabar kegembiraan tentang kehamilan ini kepada sanak saudara. Selain memberi kabar, kita juga mengharapkan jika saudara memberikan masukan tentang hal apa saja yang baik untuk kehamilan tiga bulan.


Apa Saja Sih Ciri Ciri Wanita Hamil 3 Bulan?

Ciri ciri Wanita Hamil 3 Bulan dan Keluhan yang Dialami

Perubahan apa saja yang di alami oleh ibu hamil 3 bulan? Dari sisi emosional kondisi ibu hamil paling bergejolak pada kehamilan 3 bulan. Terdapat beberapa ciri dan perubahan yang dapat anda ketahui.

A. Perubahan dan ciri fisik ibu hamil 3 bulan
  • Seperi kehamilan pada umumnya, pada usia 3 bulan anda akan tetap mengalami mual dan mutah, mudah lelah dan menurunya gairah seks. Itu semua merupakan salah satu dari beberapa ciri ciri wanita hamil pada umumnya.
  • Perubahan perut yang telihat memang belum menunjukan perubahan yang significan, namun pada akhir trimester pertama ini Rahim anda sudah berada sedikit di atas panggul.
  • Perubahan selanjutnya yang dapat anda rasakan adalah, membesarnya ukuran payudara selain membesar juga akan terasa lebih lembut. Pada bagian puting pun terlihat lebih gelap dari sebelumnya.
  • Karena efek mual dan mutah bisa juga menyebabkan anda merasakan pusing

B. Perubahan dan ciri emosional
  • Perasaan yang tiba tiba cemas akan keadaan sang janin memang sudah umum dirasakan oleh ibu. Karena anda sedang mencemaskan kesehatan calon bayi yang masih dalam kandungan.
  • Kekhawatiran yang anda rasakan bahkan akan memperngaruhi kondisi pasangan anda untuk juga merasa cemas.
Baca juga : Info Seputar Kehamilan yang lainnya

C. Keluhan pada kehamilan 3 bulan


Keluhan yang biasanya di rasakan pada ibu hamil adalah keluhan yang berhubungan dengan kondisi abnormal kehamlan yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Pemantauan kesehatan dari dokter sangat di perlukan sekali untuk mengetahui perkembangan kesehatan janin. Untuk itu di perlukan peran aktif sang ibu yang di dukung oleh suami dan keluarga.

Tips mengatasi keluhan:
  1. Istirahat yang cukup
  2. Olah raga ringan khusus ibu hamil
  3. Perbanyak minum air putih
  4. Makan dalam porsi kecil namun sering
  5. Gunakan pakaian tidak ketat dan nyaman
  6. Konsultasikan kepada dokter jika terasa hal mengganjal

Nah itulah, ciri ciri wanita hamil yang dapat dilihat dari perbuhan fisik maupun emosionalnya. Tips mengatasi keluhan pun penulis sertakan agar ibu hamil dapat tenang mengahadi keluhan saat proses kehamilan.

Artikel Terkait