Ciri Awal Kehamilan Kosong


Wanita mana yang tidak senang mendengar bahwa dirinya sedang mengandung? Bahagia, kawatir, cemas, terharu semuanya pasti akan di rasakan.

Bahagia karena akhirnya dapat merasakan proses menjadi seorang ibu. Dan cemas karena khawatir akan adanya kemungkinan keguguran.

Namun tak hanya masalah keguguran, masalah lain pun akan mebayangi pikiran ibu hamil. Sebut saja blighted ovum atau kehamilan kosong.

Disebut kehamilan kosong karena sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim tidak dapat berkembang menjadi embrio atau bahkan tidak terbentuk sama sekali.

Wanita yang mengalami kehamilan kosong biasanya memiliki ciri awal kehamilan yang sama dengan wanita hamil pada umumnya.

Ciri kehamilan yang banyak dialami oleh kebanyakan wanita adalah mual, mutah, terlambat mens, pembesaran payudara, bahkan jika di tes kehamilan menunjukan positif.

Ciri Awal Kehamilan Kosong

Biasanya ibu hamil yang mengahami kehamilan kosong akan sadar saat kehamilannya setelah akhir trimester pertama.

Penyebab Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong ini tidak dapat anda cegah. Sebab keguguran yang terjadi karena kehamilan kosong seringkali disebabkan oleh masalah kromosom. Mungkin karena buruknya kualitas sel telur atau sperma, serta mungkin juga karena pembagian sel yang tidak normal.

Ciri Awal Kehamilan Kosong

Perlu anda ketahui bahwa kehamilan kosong juga mempunyai ciri ciri yang mungkin anda alami. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin saja anda alami.
  • Kram perut.
  • Adanya pendarahan atau vaginal spotting, yakni keluar bercak darah berwarna merah segar di luar haid.
  • Menstruasi yang lebih berat dan menyakitkan dari biasanya.

Jika gejala di atas sempat anda alami, maka terdapat kemungkinan anda mengalami keguguran. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua pendarahan pada trimester awal kehamilan akan berujung keguguran. Alangkah baiknya jika anda segera memeriksakan kondisi  yang anda alami ke dokter.

Mengantisipasi Kehamilan Kosong

Kehamilan kosong mungkin saja tidak bisa di cegah, namun tentu saja ad acara untuk mengantisipasinya. Salah satunya adalah menjaga kebersihan sekitar alat kewanitaan. Bahkan setiap wanita disarankan untuk melakukan imunisasi agar terhindar dair virus rubella.

Kapan Sebaiknya Merencanakan Kehamilan Berikutnya?

Paling tidak anda harus menunggu empat hingga enam minggu setelah jaringan sisa pasca keguguran selesai di bersikan. Sementara menunggu masa itu, ada baiknya anda mengenakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim.

Terdapat sebuah studi dari skotlandia yang telah meneliti 30.000 wanita. Mereka menyimpulkan bahwa wanita yang hamil setelah enam bulan pasca keguguran kemungkinan besar akan mengalami kehamilan yang sehat.

Baca juga : Info Seputar Kehamilan yang lainnya

Perlu anda ingat jika ingin merencanakan kehamilan berikutnya. Tetap konsultasikan dengan dokter, agar anda mendapatkan saran yang terbaik.

Nah, setelah mengetahui ciri awal kehamilan kosong beserta seluk beluknya. Kami harap anda akan jauh lebih mengerti apa saja yang harus di lakukan pasca mengalami keguguran.

Jangan larut dalam kesedihan, because Allah’s plan is the best for you :-)

Artikel Terkait

This Is The Newest Post