Tanda Kehamilan Awal Bayi Kembar


Kehamilan merupakan moment yang ditunggu oleh setiap pasangan. Apalagi jika kita mengandung bayi kembar, wah menjadi kebanggaan tersendiri buat kita ya. Bagi wanita yang memiliki riwayat keluarga kembar, jadi peluang untuk memiliki anak kembar akan lebih tinggi.

Maka beruntunglah kalian yang memiliki riwayat keluarga kembar. Bagi sebagian wanita, memiliki bayi kembar akan sangat menyenangkan, namun anda juga yang beranggapan bahwa memiliki bayi kembar akan sangan merepotkan.

Tanda Kehamilan Awal Bayi Kembar

Menurut saya sih, tergantung dari kita yang menyikapinya saja sih. Namun perlu anda ketahui bahwa anak merupakan titipan dari Allah yang harus kita jaga dengan baaik.

Tanda Kehamilan Awal Bayi Kembar

Untuk mengetahui kondisi janin dan perkembangannya, ada baiknya jika melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Selain memeriksakan ke dokter, anda juga dapat mengetahui tanda kehamilan kembar yang dapat anda amati sendiri:

Morning sickness yang parah. Tanda kehamlan awal biasanya ditandai dengan morning sickness yang parah. Sebenarnya mual dan muntah atau yang sering disebut morning sickness ini di pengaruhi oleh kadar hormone HCG yang meningkat dua kali lipat dibandingkan kehamilan tunggal.

Berat badan meningkat derastis. Berat badan yang meningkat sangat derastis dan sangat cepat dapat mengindikasikan bahwa terdapat lebih dari satu janin dalam kandungan.

Adanya dua detak jantung. Mintalah suami anda untuk mendengarkan detak jantung janin anda yang dalam kandungan. Bila terdapat dua detak jantung yang terpisah hingga usia kehamilan 12 minggu. Namun jika anda belum yakin, segeralah lakukan pemeriksaan USG.

Kram di rahim yang parah. Beberapa wanita yang mengandung bayi kembar akan mengalami masalah ini. Kondisi ini merupakan gejala dan nyeri ligament akibat rahim yang berkembang relative sangat cepat.
Simak juga : Tanda Kehamilan yang lainnya

Peluang Kehamilan Kembar

  • Wanita yang memiliki tinggi diatas rata-rata
  • Wanita yang berumur 30 tahun keatas
  • Wanita yang kelebihan berat badan dengan BMI >25
  • Wanita yang memiliki riwayat anak kembar
  • Wanita yang menjalani perawatan kesuburan
  • Wanita yang pernah hamil sebelumnya

Masalah yang Terjadi pada Kehamilan Kembar:

Setiap kehamilan sebenarnya mempunyai risiko tersendiri. Beberapa masalah yang terjadi pada kehamilan kembar adalah:
  • Kelahiran premature
  • Bayi berukuran kecil dan berat badan yang rendah
  • Satu bayi lebih kecil dari yang lainnya
  • Diabetes gestational
  • Preeklamsia

Tips Menghadapi Kehamilan Kembar:

  1. Berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai nutrisi yang dibutuhkan saat kehamilan
  2. Perawatan regular dengan praktisi kesehatan yang berkualitas
  3. Perbanyaklah beristiirahat dari pada melakukan aktivitas tidak penting
  4. Ada baiknya untuk menjalankan ultrasound lebih teratur
  5. Lakukan relaksasi dan senam hamil dengan seizin dokter
  6. Mempersiapkan diri untuk menjalani proses persalinan lebih cepat dari normalnya

Sekian info kehamilan mengenai tanda kehamilan awal bayi kembar. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat juga dapat menambah wawasan anda seputar kehamilan bayi kembar.

Artikel Terkait