Tanda Hamil Muda yang Sehat dan Normal


Selamat berbahagia bagi anda calon ibu yang saat ini sedang mengandung, apalagi mengandung anak pertama pasti antusias sekali.

Kesehatan ibu dan janin juga harus anda perhatikan ya, semua erat kaitannya dengan berat ideal si ibu hamil, nutrisi yang seimbang dan olah raga rutin yang dilakukan ibu hamil selama masa kehamilan.


Untuk informasi yang lebih lengkap, simak saja informasi mengenai tanda hamil muda yang sehat dan normal dibawah ini:

  1. Berat badan ibu hamil
    Ketika anda mengetahui bahwa anda sedang mengandung, pastinya anda langsung memeriksakan dan mengkonsultasikan kondisi kehamilan kepada dokter kandungan atau bidan.

    Biasanya dokter akan menyarankan kenaikan berat badan 13 – 15 kg pada wanita yang sedang mengandung.

    Sedangkan bagi wanita yang mempunyai kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri selama masa kehamilan agar ibu dan janin tetap terjaga kesehatannya.

  2. Tekanan darah dan kadar gula pada ibu hamil
    Pada saat hamil, beberapa wanita mungkin saja mengalami sedikit peningkatan tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula, jangan kawatir hal ini adalah normal dialami wanita yang sedang hamil.

    Kedua hal tersebut merupakan parameter penting bagi kesehatan ibu dan janin, apabila ibu hamil mengalami tekanan dan peningkatan kadar gula yang derastis harus diwaspadai, dan segera mungkin periksakan ke dokter. 

    Karena keadaan tersebut dapat memicu preeclampsia yang bisa membuat ibu hamil harus melahirkan premature.

  3. Kondisi hormone
    Kenaikan hormon progesterone pada wanita hamil bisa mencapai 400 mg sehingga banyak wanita hamil yang mengalami perubahan fisik mauppun psikis selama kehamilannya.

    Selain hormone progesterone, hormone estrogen juga mengalami perubahan. Hormone ini mempunyai peranan yang sangat penting yakni berfungsi membentuk jaringan dan menampung janin di dalam perut ibu.

  4. Rahim dan plasenta
    Tanda hamil muda yang sehat juga ditandai dengan plasenta dan ramih yang sehat. Kondisi janin di dalam kandungan yang aman di pengaruhi oleh plasenta dimana tempat melekatnya dinding rahim.

    Gaya hidup yang sehat merupakan salah satu cara untuk menjaga rahim dan plasesta agar tetap sehat.

  5. Pertumbuhan janin
    Himbauan untuk ibu hamil adalah sering – seringlah untuk memeriksakan kandungan ke dokter. Lewat pemeriksaan USG maka dokter dan ibu hamil dapat memantau perkembangan bayi.

    Apabila terdapat tanda – tanda kekurangan oksigen di dalam ramih, kondisi tersebut harus di waspadai. Karena hal tersebut dapat membahayakan bayi yang di dalam kandungan dan juga membahayakan ibu hamil.

    Misalkan saja fungsi plasenta yang terganggu maka akan beresiko meningkatkan gangguan kesehatan.

  6. Pergerakan janin
    Selain melakukan pengukuran perut, dokter juga mengontrol pergeraan janin dalam kandungan. Pada saat munggu ke 6 dan minggu ke 10 dalam periode khamilan, biasanya seorang ibu akan merasakan adanya pergerakan kehamilan.

    Pergerakan janin ini biasanya dianggap sebagai tanda ciri bayi yang sehat dan juga menerima pasokan oksigen yang cukup.

Itulah tanda hamil muda yang sehat, apabila anda merasakan suatu perubahan kurang beres terhadap kehamilan, jangan pernah ragu untuk berkonsultasi pada dokter.

Artikel Terkait