Olahraga Ringan Ibu Hamil di Awal Kehamilan


Pada umumnya banyak sekali wanita hamil yang merasa kawatir terhadap kondisi kehamilan nya yang masih berusia muda, karena pada kondisi awal kehamilan sangat rentan sekali mengalami keguguran.

Oleh karena itu banyak sekali ibu hamil yang menjaga kehamilannya dengan cara berdiam diri daripada melakukan aktivitas yang sarat dengan banyak gerak. Padahal, sebenarnya pilihan tersebut tentu saja sangat tidak baik di lakukan.

Karena dapat menyebapkan ibu hamil menjadi pemalas dan manja. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya ibu hamil melakukan kegiatan – kegiatan yang bermanfaat terutama untuk kehamilannya seperti melakukan olahraga – olahraga ringan yang gampang di lakukan.

Namun, ada hal yang perlu diingat bahwa olahraga sebaiknya dilakukan perlahan dan bertingkat. Anda harus memulainya dengan pemanasan terlebih dahulu, olahraga inti, lalu pendinginan.

Anda dapat beristirahat sejenak jika mengalami kehabisan nafas atau merasa kesakitan. Berolahraga juga jangan terlalu sering, cukup 3-4 kali dalam seminggu dan mintalah saran dokter kandungan olahraga apa yang cocok dengan usia kehamilan anda.

Untuk Awal Kehamilan, olahraga yang di anjurkan adalah:
  1. Streching
    Merupakan kegiatan olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil muda karena mampu menurunkan resiki komplikasi kehamilan dan menurunkan resiko iritasi pada ibu hamil.

    Olahraga ini juga dapat di kombinasikan dengan olahraga lain sebagai pemanasan. Streching sangat cocok dilakukan pada kehamilan trimester pertama.

  2. Yoga
    Yoga merupakan olahraga ringan yang mempunyai pengaruh baik untuk ibu hamil selama kehamilannya terutama untuk masa – masa Awal Kehamilan.

    Teknik relaksasi pada senam yoga memiliki manfaat baik untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan normal. Selain itu, senam yoga juga bisa memberikan ketenangan pada ibu hamil.

  3. Berenang
    Bagi ibu hamil yang belum pernah merasakan sensai berenag di saat hamil, mungkin anda harus mencobanya.

    Karena manfaat berenang untuk ibu hamil sangat besar sekali, berenang dapat mengurangi resiko tekanan pada punggung dan kaki ibu hamil yang seringkali mudah mengalami lelah.

    Lakukanlah gerakan yang tenang – tenang dahulu seperti mengambang agar kondisi janin pun tidak kaget dan tetap terjaga aman.

  4. Senam Kagel
    Biasanya senam ini dilakukan pada usia kehamilan awal karena dapat memberikan hasil lebih optimal. Selain itu senam kagel dapat mempertahankan berat badan yang ideal bagi ibu hamil.

    Selain itu juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat perubahan bentuk fisik. Senam kagel juga dapat memberikan kelancaran proses kelahiran bayi.

  5. Aerobik Ringan
    Ada baiknya sebelum anda melaukan senam aerobik mintalah saran dokter dan tanyakan apakah kandungan anda aman untuk melakukan kegiatan ini.

    Karena manfaat aerobik sendiri sangat baik untuk ibu hamil, seperti dapat menyehatkan jantung, mencegah ambeien dan meningkatkan kadar oksigen.

Itulah 5 olahraga ringan yang aman untuk Awal Kehamilan anda dan anda dapat melakukannya sendiri dirumah. Selain melakukan kegiatan olahraga tentu saja ibu hamil tetap harus menjaga pola hidup yang sehat.

Seperti menjaga asupan makanan dan menjaga kebersihan badan yang baik. Semoga kehamilan anda diberi kelancara sampai persalinan tiba.

Artikel Terkait