Mengenal Tanda – tanda Hamil Anak Kembar Laki – Laki Maupun Perempuan


Kehamilan anak kembar memang salah satu anugrah luar biasa yang diberikan Tuhan Maha Esa. Dengan satu kali kehamilan pasangan suami istri langsung mendapatkan dua buah hati. Beberapa kasus sebagian wanita yang melahirkan anak kembar memiliki sejarah keturunan kembar.


Hal ini mungkin terajadi karena persamaan genetik yang cukup berpengaruh dari orang tua maupun saudara. Gejala anak kembar memang tidak berbeda dengan gejala hamil normal.

Bagi wanita hamil yang baru pertama kali mengandung bayi kembar pasti mempunyai rasa cemas apakah bayi yang dikandungnya bisa melahirkan sacara normal atau tidak.

Tanpa harus konfirmasi dengan dokter perihal kandungan anda apakah hamil kembar atau tidak, berikut Tanda – tanda Kehamilam anak kembar yang dapat anda ketahui sejak dini:

  1. Berat Badan Naik Secara Derastis
    Peningkatan berat badan yang sangat derastis pada trimester pertama dapat anda jadikan pertanda bahwa anda sedang mengandun anak kembar.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan penambahan berat badan ini sangat penting pada masa pertama kali kehamilan anak kembar. 

    Karena penambahan berat badan di 2 trimester pertama terbukti mempunyai pengaruh yang sangat significan bagi berat bayi ketika lahir.

  2. Mendengarkan Detak Jantung
    Dekatkan lah kuping suami anda dan mintalah untuk mendengarkan dengan benar – benar, apabila suami anda mendengarkan 2 detak jantung yang terpisah maka bisa dikatakan anda sedang mengandung 2 bayi kembar.

    Detak jantung tersebut bisa anda dengar ketika janin memasuki usia 12 minggu. Sedangkan pada usia 28 minggu sangat memungkinkan untuk anda dapat membedakan 2 kepala yang ada dalam kandungan.

  3. Meraskan Lelah dan Intensitas Buang Air Berlebihan
    Kondisi merasakan lelah dan sering buang air kecil memang hampir dialami oleh setiap ibu hamil.

    Akan tetapi rasa lelan dan buang air yang berlebihan melebihi ibu hamil normal bisa menandakan bahwa anda sedang mengandung bayi kembar.

  4. Meraskan Gerakan Bayi dan Perasaan Serta Intuisi Keibuan
    Biasanya apabila seorang wanita mengandung dua janin akan merasakan gerakan – gerakan janin di dalam kandungan lebih dini.

    Akhirnya ibu hamil bisa mendeteksi kehamilan kembarnya dengan perasaan yang sangat peka dan intuisi keibuannya.

  5. Kram Rahim
    Tanda – tanda Hamil anak kembar yang mungkin sering dirasakan ibu hamil adalah sering kram rahim yang berlebihan. Hal ini disebapkan rasa nyeri pada ligament karena rahim berkembang dalam waktu yang relative cepat.

  6. Perubahan Sikap
    Pada saat anda sedang hamil anak kembar aka nada perubahan sikap yang derasti dan perubahan sikap tersebut tidak dapat anda control.

    Disuatu saat anda akan merasakan hati yang sedih dan menyebapkan anda murung dan menangis serta anda juga dapat mengalami gangguan pada kestabilan mental anda.

  7. Pemeriksaan USG
    Hal terkahir yang dapat anda lakukan agar memastikan kandungan adalah dengan pemeriksaan USG yang dilakukan oleh dokter kandungan.

Demikian lah Tanda – tanda Hamil anak kembar laki – laki maupun perempuan yang dapat anda ketahui secar dini. Ulasan diatas belum tentu 100 % benar hanya saja dapat anda jadikan sebagai acuan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait