Mengenali 8 Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan


Kehamilan merupakan saat-saat paling dinantikan setiap pasangan yang baru menikah. Mereka yang mengharapkan cepat mempunyai momongan selalu was-was setelah berhubungan intim. Mereka menantikan saat-saat tanda awal kehamilan yang dialami perempuan.

Karena dengan terjadinya kehamilan menandakan tingkat kesuburan yang dimiliki oleh setiap pasangan.

Dan tentunya mereka pasti beranggapan bahwa diri mereka tak mempunyai masalah mengenai kesehatan yang akan menghambat untuk mendapatkan momongan.

Dengan hadirnya buah hati akan menambah kelengkapan dan anugerah yang tak ternilai yang diterima setiap pasangan.

Namun ada kalanya, pasangan suami istri harus memahami betul mengenai tanda awal kehamilan yang akan dialami istrinya.

Karena kalau tidak seorang pasangan akan salah persepsi mengenai apakah itu tanda-tanda kehamilan atau tanda awal datangnya menstruasi. Karena banyak kasus yang terjadi bahwa tanda-tanda kehamilan biasanya mirip dengan tanda-tanda akan datang mesntruasi.

Banyak juga kasus yang dialami perempuan dengan kasus keguguran karena ketikdatuhuan mengenai kehamilannya. Sehingga saat itu masih dilakukan suatu aktivitas atau mengkonsumsi makanan yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil.

Untuk itu saya akan membahas artikel mengenai tanda awal kehamilan setelah berhubungan karena beberapa tanda berikut biasanya muncul secara bersamaan atau bisa juga hanya salah satunya saja.

Dengan mengenali tanda awal kehamilan ini, pasangan suami istri lebih mudah menentukan persiapan untuk menyambut si buah hati.

Coba anda cek 8 tanda awal kehamilan di bawah ini. Jika beberapa diantaranya anda alami, bisa jadi anda memang benar-benar hamil.

  1. Terlambat Menstruasi
    Mengalami keterlambatan menstruasi selama beberapan bulan bahkan tidak sama sekali di pastika anda memang benar-benar hamil. Namun yang perlu di ketahui tidak mendapat menstruasi juga belum tentu hamil.

    Bisa jadi anda megalami telat haid karena disebepkan oleh beberapa factor. Seperti, efek mengkonsumsi pil KB, faktor kelelahan, stress, dan hal lainnya.

    Jika anda tak kunjung menstruasi setelah berhubungan intim, segera cek menggunakan tes pack untuk memastikan hasil yang akurat. Coba cek di pagi hari setelah anda bangun tidur, karena urin masih alami.

  2. Perubahan pada Orga Intim
    Tanda awal kehamilan juga ditandai dengan adanya perubahan pada bibir organ wanita/area kewanitaan. Perubahan tersebut bisa dilihat karena bibir organ intim warnanya yang semula merah muda berubah menjadi lebih pucat.

    Pada awal kehamilan biasanya juga akan keluar cairan putih mirip keputihan dari organ intim. Hal itu merupakan cairan yang dihasilkan dari pembuahan yang berasal dari cervical mucus.

  3. Payudara Lebih Sensitif
    Begitu pembuahan berhasil, akan muncuk tanda pada bentuk payudara. Payudara biasanya akan lebih berat, sensitif dan daerah sekitar puting berubah warna.

    Payudara tersebut akan terlihat sedikit gelap dan semakin jelas batasannya. Sensitif ini dapat diketahui dengan cara menyentuhnya. Biasanya akan terasa sakit ketika disentuh.

  4. Sering Buang Air Kecil
    Tanda ini sering disebapkan karena pada awal kehamila akan beradaptasi dengan hadirnya janin, seperti volume dalam darah meningkat dan ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya. Sehingga wanita hamil akan mengalami sering buang air kecil.

    Selain itu hal ini dapat di picu oleh peningkatan hormone HCG serta janin yang terus membesar menekan kandung kemih.

  5. Munculnya Bercak Darah yang diikuti Kram Perut
    Bercak darah biasanya muncul sebelum menstruasi yang akan datang, terjadi antara 8-10 hari setelah ovulasi. Kemunculan bercak darah ini disebapkan implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

    Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti dengan kram perut. Kondisi kram perut yang dialami ibu hamil biasanya berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

  6. Mual
    Setiap pagi, anda akan merasakan perut mual dan perasaan ingin muntah. Seringkali, rasa mual ini berlangsung sepanjang hari. Hal ini disebapkan karena peningkatan produksi hormone Hcg.

    Namun, gejala ini tidak dialami oleh semua wanita yang hamil. Beberapa wanita hamil tak merasakan hal demikian. Terjadi juga banyak kasus salah persepsi, karena mual pada wanita hamil mirip dengan gejala masuk angin.

  7. Kelelahan, Sakit Kepala Serta Sakit Punggung
    Pada trimester pertama ibu hamil sering mengalami kelelahan yang disebapkan peningkatan hormone progesteron yang memperlambat berjalannya proses metabolisme tubuh.

    Kekelahan ini juga diringi sakit kepala dan sakit punggung. Dan rasa sakit ini akan berkurang saat kehamilan memasuki bulan keempat

  8. Ngidam dan Sensitif Terhadap Bau
    Tanpa alasan yang jelas, biasanya ibu hamil mendadak sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumya mungkin bukan makanan favoritnya.

    Atau sebaliknya, ibu hamil tiba-tiba akan menolak makanan tertentu karena tidak suka dengan baunya. Bahkan bisa juga ibu hamil akan mual dan merasa eneg.

Saat anda mendapati beberapa tanda awal kehamilan diatas, sebaiknya segera periksakan dan konsultasi dengan bidan atau dokter untuk memastikan apakah anda sedang hamil.

Jangan anggap remeh perubahan yang terjadi pada tubuh anda karena bisa saja semua itu pertanda bahwa anda sedang hamil. Pastikan pula keadaan si jabang bayi dalam kondisi yang baik.

Artikel Terkait