Macam-Macam Gejala Hamil dan Cara Memastikannya


Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi gejala hamil, dan anda harus mempertimbangkanya terlebih dahulu jika ingin mengetahuinya.

Karena mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa jika seorang wanita sering mual-mual apalagi di pagi hari setelah berhubungan badan itu adalah pertanda gejala hamil. Padahal tidak selalu gejala seperti itu dikaitkan dengan seseorang itu hamil.


Oleh karena itu, dibuthkan pengetahuan yang membuat anda khusunya para wanita paham mana yang termasuk gejala hamil dan gejala penyakit biasa karena gejala hamil ini hampir mirip dengan gejala-gejala penyakit biasa.

Biasanya ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa anda ketahui baik secara medis ataupun non medis. Pengetahuan dasar ini cukup penting untuk anda pelajari, apalagi jika anda merupakan calon ibu muda yang belum mempunyai pengalaman hamil dan melahirkan sebelumnya.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan singkat di bawah ini:

  1. Bercak Darah
    Gejala pertama yang biasanya di alami wanita adalah adanya bercak darah atau pendarahan ringan. Hal ini terjadi karena adanya implantasi janin, dimana gejala ini bisa terjadi selama proses implantasi calon janin pada dinding rahim.

  2. Kram Perut
    Implantasi pada dinding rahim pun juga bisa menyebapkan gejala hamil yang berupa kram perut. Biasanya kondisi demikian dialami wanita setelah seminggu atau beberapa hari setelah berhubungan badan.

    Namun anda tak perlu kawatir karena hal ini lumprah terjadi pada wanita yang sedang mengandung.

  3. Telat Datang Bulan
    Bagi seorang wanita yang sedang mengandung janin, telat datang bulan adalah tanda yang pasti karena ovarium telah dibuahi. Dengan demikian tidak ada lagi ovarium yang dikeluarkan dari tubuh.

  4. Perubahan Bentuk dan Ukuran Payudara
    Biasanya payudara wanita yang sedang hamil akan beruban menjadi lebih besar, kencang dan agak sensitive.

    Bahkan jika tersentuh maka anda akan merasa bahwa payudara anda terasa lebih lembut dan empuk, namun anda akan merasa tidak nyaman juga karena payudara orang yang hamil lebih sensitive.

    Ukuran putting payudara juga akan mebesar seiring pertumbuhan janin. Hal ini dikarenakan terjadi perubahan hormone yang ada pada tubuh seorang wanita hamil.

  5. Morning Sickness
    Selain gejala di atas, mual dan muntah yang terjadi di pagi hari juga bisa menjadi salah satu indikasi kehamilan terutama di minggu-minggu pertama.

    Mual dan muntah akan menyertai ibu hamil terutama ketika bangun tidur bisa juga terjadi sepanjang hari dan sangat menggangu aktivitas sehari-hari yang sedang di lakukan calon ibu tersebut.

  6. Frekuensi Buang Air Kecil yang Meningkat
    Kandung kemih yang mulai tertekan oleh ramih yang ukurannya mulai membesar akan mengakibatkan ibu hamil selalu ingin pergi ke toilet lebih sering.

    Kondisi ini biasanya terjadi pada awal kehamilan selama 1 minggu pertama sampai minggu ke-12.

  7. Sering Meludah
    Perubahan hormone estrogen ini menyebapkan kebanyakan ibu hamil sering meludah dan kondisi ini terjadi saat kehamilan memasuki trimester 1. 

    Tak perlu kawatir, karena kondisi sering meludah akan berangsur-angsur hilang setelah usia kehamilan memasuk trimester ke-2.

  8. Positif Tes Kehamilan
    Hasil uji tes pack menunjukan 2 garis atau sebuah tanda positif?

    Namun, apakah anda yakin benar-benar hamil, agar anda yakin sebaiknya pergi ke dokter dan melakukan USG. Agar jawabnya benar-benar akurat

Itulah sedikit pengetahuan mengenai gejala hamil yang perlu anda pelajari terutama bagi calon ibu muda. Jadi, mulai sekarang tidak ada kesalah pahaman karena dugaan-dugaan tak pasti yang membayangi benak anda.

Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi teman-teman.

Artikel Terkait