Keputihan, Apakah Menjadi Ciri Hamil Muda?


Kehamilan memang membawa banyak sekali perubahan pada tubuh wanita. Tak terkecuali bentuk fisik maupun kondisi kewanitaannya.

Namun, pernahkah anda mendengar bahwa keputihan merupakan ciri hamil muda yang dialami oleh wanita? Hal tersebut masih dalam berdebatan, karena bisa di katakana benar dan bisa dikatakan tidak benar pula.

Untuk memastikan apakah keputihan yang anda alami itu sebagai ciri kehamilan atau bukan, anda perlu mengetahui beberapa ciri keputihan tanda hamil dan keputihan biasa yang setiap wanita bisa mengalaminya.

Sebenarnya, keputihan memang bisa dijadikan acuan sebagai ciri kehamilan, selain hanya dengan memperhatikan siklus menstruasi. Bagi anda yang ingin memastikan keputihan apakah yang sedang anda alami. Cari tahu saja informasi selengkapnya di bawah ini:


Perbedaan Keputihan Kehamilan dan Keputihan Menjelang Haid


Memang sulit membedakan kedua hal tersebut, namun tentu saja yang namanya perbedaan pasti ada perbedaan yang signifikan yang dapat anda jadikan patokan atau acuan.
  1. Yang pertama, ciri keputihan tanda hamil adalah adanya cairan keputihan yang keluar berwarna berbedan dengan warna cairan keputihan biasa yang bening.

    Wanita yang sedang hamil muda biasanya mengeluarkan cairan berwana hampir menyerupai susu dan kental.

  2. Yang kedua, cairan putih biasanya akan terus berlangsung sepanjang kehamilan dan ini tidak berbahaya.

    Hal tersebut diakibatkan oleh penebalan dinding vagina yang terjadi karena adanya pembuahan yang telah terjadi di dalam rahim.

Kadang kala keputihan yang anda alami akan di barengi dengan keluarnya bercak darah dank ram perut yang akan sedikit menggangu aktivitas anda. Apakah pertanyaan anda sudah terjawab dengan adanya perbedaan keputihan kehamilan dan keputihan biasa?

Keputihan yang terjadi memang dikarenakan factor hormone yang menjadi salah satu peranan penting, sehingga dapat menjadikan keputihan sebagai ciri hamil muda.

Perlu anda ketahui juga bahwa pada saat awal – awal kehamilan, vagina akan terus memproduksi cairan dan jumlahnya semakin banyak.

Namun, banyak dari wanita hamil yang merasa risih dengan kondisi terus mengalirnya cairan keputihan. Berikut tips mengatasi keputihan yang anda alami:

  1. Menjaga organ kewanitaan
    Terutama saat anda setelah buang air kecil dan buang air besar. Perhatikanlah cara membasuh yang benar, yakni dngan membasuh organ intim dari arah depan menuju ke belakang. Hal ini ditujukan agar mencegah bakteri pada anus terbawa masuk ke miss V.

  2. Jangan terlalu sering berendam di air
    Bagi anda yang sering berendam di air hangat, sebaiknya anda menguranginya. Karena hal ini memicu tumbuhnya jamur yang akan membuat keputihan anda menjadi semakin banyak.

  3. Cara berpakaian
    Pakailah pakaian yang nyaman digunakan, dan dapat menyerap keringat. Hindari pakaian yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat.

  4. Pola makan
    Batasi makan – makanan yang mengandung kafein dan gula banyak, seperti kopi.

Demikianlah info mengenai keputihan yang merupakan ciri hamil muda dan semoga artikel ini menjawab pertanyaan anda tentang apakah keputihan tanda awal kehamilan.

Artikel Terkait