Info Lengkap Mengenai Kehamilan Ektopik Bagi Ibu Hamil


Dalam fase kehamilan mungkin Anda sering mendengar tentang kehamilan ektopik, dan apa itu sebenarnya kehamilan ektopik? Kehamilan ektopik ialah kehamilan yang berkembang diluar rahim dimana sel telur yang sudah dibuahi tidak mampu menempel atau melekat pada rahim ibu. Atau dengan kata lain kehamailan ektopik merupakan suatu kondisi dimana sel telur telah dibuahi mengalami implantasi pada tempat selain tempat yang seharusnya, yaitu uterus. Jika sel telur yang telah dibuahi menempel atau  melekat pada saluran telur, maka akan menyebabkan bengkaknya sel telur akibat pertumbuhan embrio.

Tetapi kemungkinan terjadinya kehamilan ektopik sangatlah kecil yaitu sekitar 1 % dari seluruh kehamilan yang sudah ada. Tetapi  jika hal ini terjadi maka merupakan suatu kondisi darurat yang dimana dibutuhkan pertolongan secepatnya untuk mengatasinya. Hal ini jika dibiarkan akan menjadi sangat berbahaya dan mampu mengancam nyawa sang ibu juga, hal ini disebabkan oleh pendarahan yang terjadi dalam rongga abdomen.

gejala kehamilan ektopik

Dalam kasus ini, janin yang berada dalam perut sang ibu memiliki kemungkinan sangat kecil untuk bertahan hidup. Namun dalam beberapa kasus kehamilan ektopik bayi dapat selamat yaitu dengan cara operasi cesar. Berikut ini beberapa gejala kehamilan ektopik yang bisa Anda ketahui :
  • Ibu yang sedang hamil mengalami rasa sakit pada daerah panggul salah satu sisinya dan biasanya terjadi secara tiba-tiba.
  • Mengalami pendarahan pada vagina di luar jadawal menstruasi.
  • Mengalami nyeri yang sangat luar biasa pada daerah perut bagian bawah.
  • Ibu yang sedang hamil sering mengalami pingsan denga tiba-tiba.
  • Kulit pada ibu hamil terlihat lebih pucat dari biasanya.
  • Terjadi hipertensi (tekanan darah rendah)
  • Denyut nadi yang terus-menerus meningkat


Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas janganlah langsung memvonis diri Anda mengalami kehamilan ektopik, periksakan kandungan Anda terlebih dahulu pada dokter kandungan. Jika Anda sudah dipastikan mengalami kehamilan ektopik maka cara pengobatannya yaitu dokter akan memberikan obat-obatan untuk menahan perkembangan embrio.

Tetapi jika kondisinya sudah serius maka Anda akan dianjurkan untuk melakukan operasi guna untuk menyelamatkan nyawa Anda juga. Semoga dengan pengetahuan mengenai kehamilan ektopik diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, betapa pentingnya dalam menjaga kehamilan dengan berbagai cara. Menjaga kehamilan baik dengan melakukan hidup sehat sampai menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit. 

Artikel Terkait