Ketahuilah Tanda-Tanda Hamil Muda


Kehamilan diawali oleh proses pembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel telur nantinya akan berkembang dan bertumbuh menjadi lebih besar. Sel telur ini pun akan mengimplantasi atau menempel di dinding rahim yang biasanya menyebapkan para ibu hamil sering ke toilet.

Kehamilan juga akan merubah beberapa hormone wanita yang menyebapkan perubahan yang sering terjadi saat wanita sedang mengandung.

Namun, setiap wanita memiliki tanda-tanda hamil muda yang tentunya berbeda, tergantung apa yang dirasakan orang tersebut. Karena keadaan ini di pengaruhi oleh keadaan fisik dan hormone yang berbeda di setiap perempuan.

Berikut tanda-tanda hamil muda yang dapat anda jadikan sarana mengira-ngira, apakah anda sedang mengandung atau tidak.

Namun, untuk diagnosa pasti sebaiknya anda mengunjungi dokter dahulu sebelum anda mengambil kesimpulan sendiri. Beberapa gejala atau tanda hamil muda diantaranya adalah:

  1. Perubahan Payudara
    Anda akan merasaka payudara yang terasa membesar dan mengencang. Putting payudara juga akan mersakan gatal dan lebih sensitif jika tersentuh sesuatu.

    Perubahan payudara saat masa kehamilan memang sedikit memberikan rasa yang tak nyaman. Biasanya anda akan merasakan kondisi demikian saat kehamilan berumur 1 minggu.

  2. Lebih Sensitive Terhadap Bau
    Indra penciuman anda akan terasa lebih tajam. Seperti lebih peka saat mencium bau-bauan makanan. Kadang beberapa aroma makanan tersebut akan terasa begitu menusuk di hidung.

  3. Kram Perut
    Sensasi kram dan serasa kembung akan anda alami, perut akan terasa kencang bahkan bisa nyeri. Hal ini terjadi karena implantasi calon janin.

  4. Gejala PMS
    Anda akan merasakan gejala PMS yang mirip seperti yang anda rasakan pada setiap bulan. Seperti nyeri pinggang, perut mulas, nyeri payudara, bahkan nafsu makan meningkan. Kondisi ini bisa jadi menjadi tanda-tanda hamil muda yang anda alami.

  5. Mudah Merasa Lelah
    Rasanya anda hanya ingin bermalas-malasan karena rasa lelah yang sedang melanda. Hal ini normal terjadi saat hamil muda.

    Hal ini terjadi dikarenakan penyesuaian diri dengan adanya makhluk baru di dalam rahim. Selain itu bisa juga disebapkan menurunnya kadar gula darah dan juga tekanan darah.

  6. Morning Sickness
    Meningkatnya hormone human chorionic gonadotrophin (hcg) menyebapkan rasa mual terlebih di pagi hari ketika anda bangun tidur.

    Meningkatnya hormone ini memberikan efek pedih yang mungkin anda rasakan di lapisan perut sehingga memicu rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan berangsur hilang ketika kehamilan memasuki trimester ke 2.

  7. Keluarnya Bercak Darah
    Kondisi demikian juga dikenal sebagai spotting yang dapat terjadi pada umur 1 minggu kehamilan. Bercak darah ini biasanya menempel pada celana dalam atau dapat anda lihat saat buang air kecil.

    Untuk para wanita tak usah kawatir, karena hal ini masih tergolong normal yang terjadi dikarenakan hormone.

  8. Pusing dan Sakit Kepala
    Rasa lelah, rasa lapar dan mual dapat memicu rasa pusing dan sakit kepala yang seringkali dialami oleh ibu hamil.

    Selain itu meningkatnya pasokan darah ke seluruh tubuh juga dapat menyebapkan pusing ketika ibu hamil berubah posisi. Tanda-tanda kehamilan dengan kondisi ini sering dialami oleh hampir semua ibu hamil.

  9. Aerola Menghitam
    Selain payudara yang terasa membesar dan kencang, salah satu tanda kehamilan lainya adalah area aerola sekitar putting warnanya menjadi lebih gelap dari biasanya.

  10. Mengidam
    Keinginan merasakan makanan tertentu yang biasaya terbilang aneh menjadi salah satu pertanda bahwa anda sedang mengandung.

    Kondisi ini dapat anda rasakan saat usia kehamilan 1 minggu dan terkadang berlangsung selama kehamilan. Tergantung dari setiap orangnya.

Itulah 10 tanda-tanda hamil muda yang mungkin dapat anda jadikan patokan bila anda yang sedang was-was terhadap gejala-gejala aneh yang anda rasakan. Semoga bermanfaat ya

Artikel Terkait