Asupan Gizi Untuk Perkembangan Janin


Kehamilan tentunya menjadi sesuatu yang didambakan setiap wanita setelah menikah. Sebagai calon ibu, pasti akan menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut datangnya masa hamil.

Apabila masa itu sudah datang, seorang wanita akan mengandung janin selama 40 minggu. Selama itu pula seorang calon ibu harus memperhatikan gizi dan nutrisi agar janin dapat berkembang dengan normal dan sehat.

kehamilan


Berikut akan diuraikan gizi dan nutrisi yang penting untuk kebutuhan ibu hamil dan calon bayi.

Buah Yang Direkomendasikan Untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan sang ibu harus menghindari makanan yang bisa membahayakan calon bayi selama di kandungan. Agar mampu menunjang tumbuh kembang bayi, ada beberapa buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil dan manfaatnya, beberapa diantaranya :

  1. Buah Alpukat, buah ini akan membantu perkembangan otak dan tulang belakang calon bayi. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan nabati yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk melakukan proses metabolism tubuh.

    Baca juga : Gejala Kehamilan 8 Bulan yang Pasti Anda Rasakan
  2. Buah Manggis, buah ini berfungsi membantu proses pembentukan kerangka beserta tulang rawan calon bayi.
  3. Buah Naga, buah naga berkhasiat untuk membantu pembentukan sel darah merah bagi ibu hamil.

Vitamin Yang Penting Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain buah-buahan, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi vitamin sehingga kesehatan bayi di kandungan seimbang.

Vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil diantaranya vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin C dan masih banyak lagi vitamin lain yang mampu menunjang pertumbuhan calon bayi dan kehamilan calon ibu. Biasanya vitamin-vitamin tersebut berbentuk pil, namun ada juga yang sudah masuk dikomposisi susu khusus ibu hamil.

Hal penting lainnya yang perlu dikonsumsi untuk mendukung nutrisi di kehamilan ialah dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan biji-bijian.

Hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat penting karena seorang ibu hamil harus menerapkan pola makan 4 sehat 5 sempurna dengan mencukupi karbohidrat, protein, lemak, asam folat, dan zat besi didalam tubuhnya agar tetap terjaga stabil.

Artikel Terkait