5 Tanda Kehamilan Awal yang Sering Terjadi


Kehamilan adalah suatu hal yang wajar terjadi bagi pasangan suami istri, kehamilan terjadi karena pembuahan pada embrio wanita. Kehamilan adalah hal yang paling ditungu oleh pasangan suami – istri. Dan banyak yang ingin mengetahui seperti apa sih tanda kehamilan awal yang sering terjadi itu? Dan seperti apa ciri-ciri wanita mengalami kehamilan itu?

tanda awal kehamilan

Tanda kehamilan awal kadang tidak diketahui oleh wanita, padahal hal itu cukup penting demi perkembangan sang janin. Apa akibatnya bila sang ibu tidak mengetahui bahwa dirinya hamil, bekerja keras dan lelah. Hal itu akan berdampak buruk tentunya bagi janin, untuk itu beberapa tanda awal kehamilan perlu anda ketahui. Berikut ini beberapa tanda kehamilan awal yang terjadi pada wanita.
  1. Bentuk tubuh berubah
    Bentuk tubuh berubah yang dimaksud ialah bentuk fisik yang semula langsing maka akan terlihat lebih gemuk, hal ini dikarenakan saat mengandung sang ibu pasti merasa selalu lapar. Rasa lapar itu diakibatkan karena sebagian nutrisi masuk kedalam janin, oleh karena itu tubuh akan menjadi lebar dan besar. Bagian yang sering berubah saat mengalami kehamilan ialah pada daerah bokong, paha dan dada maupun perut.
  2. Payudara membengkak
    Nyeri pada payudara yang terjadi tiba-tiba merupakan salah satu gejala kehamilan yang alami terjadi pada ibu hamil. Di awal kehamilan, payudara akan berubah bentuk karena mempersiapkan diri guna untuk menghasilkan ASI. Payudara akan sangat sensitif dengan sentuhan-sentuhan selama beberapa bulan.
  3. Sering lelah
    Pada awal kehamilan, pastinya anda sering merasakan lelah. Rasanya ingin selalu bermalas-malasan dengan tidak melakukan berbagai aktivitas. Hal ini dikarenakan tubuh menyesuaikan diri dengan apa yang ada didalam perut yaitu janin. Hal tersebut karena peningkatan hormone progesterone dalam tubuh serta menurunnya kadar gula darah.
  4. Sembelit
    Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.
  5. Ngidam
    Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.


Nah, itu tadi beberapa tanda kehamilan awal yang sering terjadi pada diri wanita. Selalulah menjaga kondisi fisik dengan baik dan benar, karena dengan menjaga kondisi fisik dengan baik maka secara tidak langsung juga menjaga bayi yang ada didalam tubuh. Selain itu perbanyaklah konsumsi sayur maupun buah-buahan yang mengandung banyak gizi serta mineral karena hal itu baik bagi tubuh khususnya apabila bayi sudah lahir maka gizi dan mineral akan masuk kedalam payudara yang akan menghasilkan ASI. Semoga beberapa tanda kehamilan awal diatas dapat membantu anda mengetahhui gejala awal kehamilan.

Artikel Terkait