Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan dengan Hasil Yang Akurat

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hamil adalah suatu hal yang diidamkan kebanyakan orang ketika mereka suda menikah secara resmi. Dan ketika sudah hamil pasti Anda para ibu memikirkan bagaimana cara menghitung usia kehamilan Anda. Karena jika Anda bisa menghitung sendiri usia kehamilan Anda, maka Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan mudah dan tenang. Selain itu Anda juga bisa menghemat biaya karena tidak perlu lagi pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai usia kehamilan Anda saat ini. Caranya sebenarnya cukup mudah sekali karena Anda hanya membutuhkan beberapa tanggal saja untuk menentukan sudah berapa lama usia kehamilan Anda saat ini.

Salah satu tanggal yang digunakan untuk menghitung usia kehamilan adalah berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Namun untuk cara penghitungan yang satu ini hanya dianjurkan bagi Anda atau ibu hamil yang memiliki siklus haid normal dan teratur yaitu sekitar 28-30 hari. Salah satu prediksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan HPHT adalah rumus Neagele. Rumus tersebut memiliki kelebihan yang mampu menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL).

menghitung usia kehamilan

Cara menggunakan rumus Neagele untuk menghitung usia kehamilan Anda adalah dengan menambahkan 7 pada HPHT. Kemudian setelah itu Anda kurangkan 3 pada bulan tersebut serta menambahkan satu pada tahunnya. Dan jika ada bulan yang tidak bisa dikurangi tiga seperti Januari, Februari, serta Maret maka bulannya ditambah 9, akan tetapi tahunnya tidak ditambah atau dikurangi. Bisa dibilang tahunnya tetap saja, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat contoh dibawah ini.

Jika HPHT Anda misalnya 15 Oktober 2013 / 15-10-13, maka
15 (+ 7) – 10 (- 3) – 13 (+ 1)
Sehingga menghasilkan tanggal bari yaitu, 22-7-14 / 22 Juli 2014 yang menjadi tanggal (HPL) atau hari pertama lahirnya buah hati Anda.

Apabila prediksi kelahiran buah hati Anda seperti contoh diatas yaitu tanggal 22 Juli 2014, maka untuk menghitung usia kehamilan Anda hanya perlu mengingat tanggal 22 saja. Sehingga ketika bulan November tanggal 22 usia kehamilan Anda sudah menginjak usia tepat satu bulan apabila tidak meleset. Sedangkan untuk waktu kelahirannya sebaiknya Anda berikan tenggang waktu atau lebih. Semoga cara mudah menghitung usia kehamilan yang simpel ini bisa membantu Anda, sehingga Anda bisa mengetahui lebih jelas mengenai keadaan kandungan serta buah hati Anda.

Artikel Terkait