Tanda-tanda Orang Hamil yang Mudah Diketahui


Untuk para wanita yang sudah mempunyai pasangan tepatnya sudah menikah, kehamilan merupakan moment yang di tunggu-tunggu meskipun ada sebagian pasangan yang sengaja menunda memiliki buah hati dengan berbagai alasan.


Nah bagi para wanita yang sedang menunggu saat-saat bahagia mengandung bayi, berikut perlu anda ketaui tanda-tanda orang hamil yang mungkin sedang anda rasakan dan alami.

Tanda berikut sangat jelas serta mudah sekali di ketahui. Langsung saja kita simak!

  1. Terlambat datang bulan
    Gejala awal yang sering terjadi adalah terlambat datang bulan karena sel telur anda berhasil di buahi dan menandakan bahwa anda sedang hamil.

    Hal sebaliknya jika sel telur anda tidak di buahi maka akan terjadi menstruasi.

  2. Flek darah atau bercak darah
    Terdapat cairan berwarna merah muda yang keluar dari organ vital? Sepertinya bukan haid karena terjadi hanya sesekali dan sangat sedikit.

    Biasanya terjadi setelah 8 hingga 10 hari setelah terjadinya ovulasi. Hal ini di sebapkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim.

  3. Perut kram
    Banyak kasus yang menduga gejala perut kram disertai kembung adalah gejala PMS yang datang di setiap bulan. Padahal bisa jadi ini salah satu tanda anda sedang mengandung.

  4. Payudara bengkak
    Tanda-tanda orang hamil selanjutnya dapat diketahui lewat payudara yang semakin besar, jika di sentuh pun terasa nyeri ditambah lagi warna areola lebih gelap dan batasanya terlihat semakin jelas.

  5. Sering buang air kecil
    Tidur anda selalu terjaga karena sering terbangun untuk pergi ke toilet? Hal ini disebapkan janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan bagian kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil akan bertambah.

  6. Sakit kepala
    Sakit kepaya yang muncul tiba-tiba dan anda memutuskan untuk mengonsumsi obat Pereda nyeri, pilihlah yang aman bagi kandungan. Pilihlah yang mengandung acetaminophen yang lebih aman dari pada ibuprofen.

  7. Mual dan mutah
    Setiap pagi, ketika bangun tidur seringkali anda merasakan mual dan muntah? Kejadian ini disebut juga sebagai morningsickness.

    Rasa mual dapat terjadi karena meningkatnya hormone hcg atau hormone human chorionic gonadotrophin yang memberikan efek pedih di lapisan perut sehingga dapat menimbulkan rasa mual.

  8. Nyeri punggung
    Semula anda yang baik-baik saja, tak pernah merasakan nyeri punggung dan biasanya terasa di bagian bawah. Jika benar hamil, maka anda akan merasakan nyeri punggung sepanjang hamil sampai melahirkan.

  9. Ngidam
    Menginginkan makanan tertentu dengan porsi banyak mungkin menjadi ciri khas orang yang sedang mengandung. Jika anda mengalami hal demikian, bisa jadi sedang hamil 1 minggu.

  10. Perubahan mood
    Sering marah-marah tidak jelas bahkan measakan hati yang teramat sedih lalu menangis dengan alasan yang tidak anda ketahui?

    Bisa juga di lain waktu anda merasakan bahagia, sebenarnya ini hal lumprah yang dialami ibu hamil karena adanya perubahan hormone secara derastis di dalam tubuh ibu hamil.

  11. Kelebihan air liur
    Jika akhir-akhir ini anda sering meludah, bisa jadi perubahan kadar hormone estrogen yang di akibatkan kehamilan yang sedang anda alami.

  12. Positif tes kehamilan
    Jalan terakhir mengetahui apakah anda haml atau tidak adalah lewan tes kehamilan menggunakan tes pack. Jika terdapat 2 garis merah maka pertanda anda sedang mengandung.

Itulah 12 tanda-tanda orang hamil yang dapat anda ketahui. Akan tetapi, tidak semua wanita akan mengalami semua hal tersebut. Ada beberapa ibu hamil yang hanya mengalami beberapa tanda atau bahakan tidak sama sekali.

Jika anda ragu, untuk memastikan kebenaranya alangkah baiknya anda memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan terdekat.

Artikel Terkait