Makanan Bergizi untuk Wanita yang Mengalami Gejala Hamil Muda


Memilih makanan bergizi sehat pada ibu hamil yang baru saja mengalami Gejala Hamil Muda haruslah benar – benar di perhatikan karena makanan yang dikonsumsi pada usia kehamilan muda penting untuk fondasi awal perkembangan janin.

Untuk itu biasanya pada awal masa kehamilan ibu hamil merasakan saat – saat terbahagianya. Maka sang ibu akan memberikan setiap hal terbaik untuk perkembangan janinnya termasuk untuk asupan nutrisi makanan sang ibu.

Terkadang terdapat persepsi bahwa wanita yang sedang hamil harus mengonsumsi makanan 2 kali lipat dari biasanya karena sedang mengandung. Tentu saja persepsi ini salah, yang betul adalah nilai gizi makanan yang harus ditingkatkan, bukan porsinya. Sebap porsi makan yang banyak belum tentu mengandung banyak gizi.

Pola Makan Sehat Ibu Hamil

Pada masa kehamilan muda ibu hamil akan sering merasakan gejala – gejala sakit ringan seperti mual, muntah, pusing dan lain sebagainya. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat dikurangi dengan cara mengubah pola makan yang lebih sehat.

Jika gizi atau nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil setiap harinya bisa terpenuhi, maka seorang wanita hamil bisa mengurangi keluhan – keluhan rasa sakit tadi.


Jenis makanan yang baik saat mengalami Gejala Hamil Muda adalah makanan yang berkualitas dalam arti yaitu mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janinnya.

Berikut jenis makanan untuk ibu yang mengalami gejala hamil muda yang harus di konsumsi:
  1. Buah – buahan
    Buah – buahan segar menjadi salah satu jenis makanan yang baik karena kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral merupakan zat yang beperan penting pada awal - awal masa kehamilan.

    Karena zat tersebut merpuakan zat yang berperan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel – sel janin.

    Jenis buah yang baik pada hamil muda adalah pisang, jeruk, stowberry, alpukat, jambu, kurma, melon dan apel. Cara penyajian buah dapat di konsumsi langsung maupun di jus


  2. Sayuran
    Sayuran juga dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin karena mengandung beberapa unsur vitamin. Di dalam sayuran terdapat zat besi terutama sayuran yang berwarna hijau yang sangat peting bagi pembentukan sel darah merah.

    Sayuran yang dianjurakan untuk dikonsumsi ibu yang sedang hamil muda adalah bayam, brokoli, kangkung, wortel, daun singkong, sawi, seledri, daun katu, kacang panjang, kentang, lobak dan labu siam.

  3. Jenis Kacang – Kacangan dan Sereal
    Bagi ibu hamil yang suka ngemil cobalah mengonsumsi kacang – kacangan dan sereal sebagai cemilan anda. 

    Oleh karena itu makanan ringan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah sangat cocok untuk anda.

    Selain itu kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin B, kalsium dapat anda peroleh dari kacang – kacangan dan sereal. Makanan tersebut dapat meningkatkan kondisi kesehatan si ibu hamil sendiri dan melancarkan perkembangan bayi dalam kandungan.

  4. Susu
    Susu merupakan minuman yang mengandung nutrisi paling lengkap dan juga dapat menjaga kesehatan, daya tahan tubuh ibu hamil.

    Kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu antara lain, karbohidrat, lemak, protein, aneka vitamin dan berbagai mineral penting.

    Konsumsilah makanan atau minuman yang berasal dari susu karena dapat memenuhi nutrisi ibu hamil pada setiap harinya. Selain susu, nutrisi tersebut dapat anda peroleh dari yogurt, keju dan sejenisnya.

  5. Seafood
    Jenis seafood dan hewan – hewa laut lainnya sangat disarankan untuk ibu hamil karena makanan tersebut kaya akan protein dan asam lemak omega 3. Sehingga seafood berperan dalam menunjang kecerdasan otak bayi.

    Pilihlah seafood yang masih segar dan saat pemasakan harus dicuci hingga bersih agar terbebas dari kuman.

    Berbagai jenis seafood yang dianjurkan untuk di konumsi ibu hamil muda adalah ikan salmon, ikan kakap, ikan teri, ikan tuna, ikan sarden, lobster, cumi – cumi, udang, dan tiram.

Nah itulah 5 jenis Makanan bergizi untuk wanita yang mengalami Gejala Hamil Muda.

Makan tersebut harus sering – sering anda konsumsi untuk menjaga kondisi diri sendiri dan juga membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Artikel Terkait