Tips Mudah dan Ampuh Mencegah Hipertensi Kehamilan


Didalam suatu kehamilan pasti terkadang akan mengalami hipertensi, apa sebenarnya hipertensi itu? Hipertensi atau yang sering disebut tekanan darah tinggi ialah suatu penyakit yang memicu emosi pada diri sang ibu yang sedang hamil, jelas hal ini sangat tidak baik karena hipertensi dapat menyebabkan kelainan pada jantung, pendarahan pada otak dan bahkan penyakit ginjal. Hipertensi kehamilan sering dialami dan bahkan selalu terjadi pada ibu-ibu yang sedang dalam masa hamil.

Ada 2 penyebab terjadinya hipertensi yaitu hipertensi essensial (hipertensi primer) dan hipertensi sekunder. Penyebab terjadinya hipertensi essensial bukan karena adanya gangguan pada jantung atau ginjal melainkan karena pola hidup tidak sehat yaitu seperti kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol serta sering meminum kopi karena kopi mengandung kafein yang tidak baik bagi tubuh. Sedangkan hipertensi sekunder merupakan hipertensi (tekanan darah naik) yang disebabkan oleh gangguan ginjal atau jantung dalam tubuh.

Selain hipertensi essensial (primer) dan hipertensi sekunder ada satu jenis lagi penyakit hipertensi yang sangat berbahaya yaitu hipertensi preeklampsia. Preeklampsia atau yang juga disebut keracunan kehamilan ialah salah satu jenis bahaya dalam kehamilan. Preeklampsia ialah suatu penyakit yang terjadi dalam tubuh ibu hamil dengan ciri-ciri terjadinya edema, proteinutria atau yang sering disebut keracunan kehamilan.

mencegah hipertensi kehamilan

Hipertensi preeklampsia terjadi karena penimbunan cairan yang berlebihan didalam tubuh. Hal ini dapat diketahui dengan bertambahnya berat badan serta pembengkakan pada kaki, jari tangan serta muka. Hal dasar jika mengalami hipertensi preeklampsia ialah air kencing sang ibu yang keluar sangat sedikit sekali. Selain itu sampai saat ini belum diketahui penyebab pasti kenapa terjadi penyakit hipertensi preeklampsia.

Tetapi anda tidak usah terlalu takut akan hal tersebut, penyakit hipertensi preeklampsia memiliki kemungkinan kecil menyerang ibu hamil. Hipertensi kehamilan dapat dicegah yaitu dengan selalu waspada serta selalu menjaga pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh hipertensi itu sendiri. Anda harus menghindari minum-minuman yang mengandung alkohol, jangan biasa merokok, hindari stress, serta pola makan yang sehat dengan makan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan vitamin.

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat membantu dalam perkembangan sang janin yang ada dalam perut. Selain itu anda juga bisa memakan-makanan yang membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi seperti coklat, ikan segar, buah yang mengandung vitamin C, serta rutin melakukan kontrol kehamilan.

Semoga dengan beberapa pengertian tentang hipertensi dan berbagai bahaya yang dapat ditimbulkan oleh hipertensi diatas bisa membantu anda agar selalu waspada dalam menjaga kehamilan. Hipertensi kehamilan mungkin bisa sewaktu-waktu menyerang anda, tetapi sebelum hal itu terjadi usahakan untuk memiliki pola hidup sehat karena hal itu dapat mengurangi resiko terserang hipertensi.


Artikel Terkait