3 Cara Menjaga Kehamilan Agar Tetap Sehat


Pernahkah Anda mengetahui bahwa kehamilan pada minggu-minggu awal sangatlah rentan? Jika Anda belum mengetahuinya Anda harus berhati-hati dalam menjaga kehamilan terutama pada awal-awal kehamilan. Hal ini akan berakibat parah pada kandungan Anda, salah satunya yaitu terjadinya keguguran. Oleh karena itu jika Anda sudah mengetahui terjadi kehamilan dalam diri Anda usahakan untuk berhenti atau mengurangi segala aktivitas yang biasa dilakukan saat sebelum hamil.

cara menjaga kehamilan

Anda harus ekstra hati-hati dalam fase pertama kehamilan jika tidak ingin hal buruk terjadi pada kehamilan Anda. Berikut ini ada beberapa cara menjaga kehamilan yang baik dan benar sehingga mengurangi resiko buruk pada janin Anda :
  1. Pertama
    Anda harus menghindari aktivitas yang berat yang mungkin biasa Anda lakukan sebelum Anda mengalami kehamilan. Pada awal kehamilan seorang wanita biasanya memiliki daya tahan tubuh lemah dan hal itu mengakibatkan seringnya terjadi kelelahan pada diri Anda, bahkan ada yang sampai pingsan karena tidak kuat menahan lelah dalam tubuh. Hal itu dikarenakan saat awal kehamilan tekanan darah menjadi rendah. Oleh karena itu, jangan pernah memaksakan diri Anda dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas. Dan jangan duduk atau berdiri terlalu lama, hal itu malah akan membuat keadaan tubuh Anda semakin tidak nyaman.
  2. Kedua
    Cara menjaga kehamilan yang berikutnya Anda harus berusaha menjauhi rokok baik itu merokok maupun asap rokoknya. Selain rokok Anda juga harus menghindari obat-obatan tertentu, kafein yang ditimbulkan dari meminum kopi, alkohol dan berbagai zat-zat yang dapat membahayakan kehamilan. Merokok saat hamil hanya akan menghambat perkembangan janin. Bahkan menurut para ahli, jika sang ibu perokok aktif maka kemungkinan bayi terlahir tidak sempurna semakin besar. Dan kafein yang terdapat dalam kopi juga harus dihindari karena kafein akan mempengaruhi jumlah zat besi dalam tubuh.
  3. Ketiga
    Jika Anda dalam masa awal kehamilan usahakan asupan nutrisi dalam tubuh selalu terpenuhi. Asupan nutrisi sangat penting demi perkembangan janin dalam tubuh sang ibu. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi maka dikhawatirkan bayi akan lahir tidak normal.


Nah, itu tadi beberapa cara menjaga kehamilan yang bisa Anda lakukan. Menjaga kehamilan memang susah – susah mudah,  selain faktor dari luar faktor dari diri Anda pun juga akan mempengaruhi kehamilan tersebut. Sekali lagi jika Anda mengalami kehamilan apalagi saat-saat awal, Anda harus mengurangi aktivitas dan selalu menjaga pola makan serta asupan gizi yang baik. Semoga beberapa cara menjaga kehamilan diatas dapat bermanfaat bagi Anda dalam menjaga kehamilan.

Artikel Terkait