Mendeteksi Tanda-tanda Kehamilan Dini


Kehamilan yaitu proses alami yang terkadang baru saja dikenali setelah beberapa bulan anda telat menstruasi. Padahal mengetahui tanda tanda kehamilan dini sangat penting karena untuk menjaga hamil muda yang rentan mengalami keguguran.

Kehamilan muda sangat rentang terkena keguguran dan juga bagi sebagian wanita yang memiliki riwayat kesehatan tertentu harus lebih ekstra dalam menjaga kehamilannya.

Karena saat hamil muda membutuhkan banyak asupan nutrisi dalam membentuk janin.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan diantaranya adalah asupan asam folat diminggu pertama kehamilan. Menjaga kehamilan dengan melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan usia kehamilan sehingga dapat mengurangi resiko keguguran.

Cara mengetahui tanda-tanda kehamilan dini dapat diperhatikan dari perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada wanita ataupun dengan melakukan pemeriksaan. Berikut adalah cara mengetahuinya dilihat dari perubahan yang terjadi pada wanita.

  1. Telat Menstruasi
    Ketika wanita dengan siklus menstruasi yang normal saat hamil akan ditandai dengan terlambatnya menstruasi. 

    Tapi biasanya saja terlambat haid dapat juga disebabkan karna factor lain yang bukan merupakan gejala kehamilan.

    Untuk dapat memastikannya anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan atau menggunakan alat test kehamilan yang dijual bebas di apotek.

  2. Mual dan Muntah
    Akibat adanya hormon yang ada dalam tubuh yang berubah maka akan berdampak mual dan muntah ini sering terjadi pada waktu pagi hari pada beberapa hari saat terjadi pembuahan.

    Mual dan muntah yang dialami oleh wanita hamil dikarenakan terjadi perubahan hormon di dalam tubuh selama awal kehamilan.

    Meskipun demikian setiap ibu hamil mengalami kondisi yang berbeda. Ada yang mengalami mual dan muntah yang ringan bahkan hingga berat.

  3. Payudara terasa lebih lembut
    Gejala awal kehamilan ini menyebabkan tekstur payudara lebih lembut dari biasanya dan akan lebih sensitive ketika dipegang maupun diremas, Perubahan ini akan terjadi sejak awal kehamilan yaitu mulai dari 7 hingga 14 hari sejak pembuahan.


  4. Lebih mudah lelah
    Saat mulai hamil meskipun Anda hanya beraktifitas seperti biasa ,namun rasa capek sering kali anda rasakan sehingga Anda merasakan kelelahan.

    Bagi anda yang mengalami rasa lelah yang berlebihan,  untuk itu Anda tidak usah khawatir karena kondisi ini akan berakhir di minggu ke 12 kehamilan.

  5. Sering buang air kecil
    Jika sering buang air kecil kemungkinan ini pertanda bahwa Anda tengah hamil. Namun jika kehamilan itu benar terjadi, maka frekuensi buang air kecil Anda bisa sangat sering. Biasanya ini mulai terjadi pada 6 sampai 8 minggu kehamilan.

  6. Tes Kehamilan
    Cara selanjutnya adalah dengan melakukan test kehamilan ini adalah salah satu untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan.

    Tes kehamilan yang dapat dilakukan adalah dengan berbagai cara ada yang menggunakan test kehamilan yang dapt dibeli di apotek,testpack dan juga bisa memeriksakannya ke dokter untuk dapat mengetahui hasil kehamilan yang pasti.

Demikian informasi tentang mendeteksi tanda-tanda kehamilan dini, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait