8 Ciri ciri Wanita Hamil yang Dapat Kita Ketahui


Hamil merupakan dambaan semua pasangan yang sudah menikah. Banyak pasangan muda khususnya yang baru menikah dan tidak mempunyai pengalaman hamil sebelmunya yang mengeluh-eluhkan tanda kehamilan awal.

Dugaan-dugan tak pasti selalu bermunculan saat seorang wanita sedang ngidam makanan atau mengalami mual di pagi hari. Mendeteksi kehamilan lebih awal merupakan hal yang sangat penting karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Sebab jika calon ibu yang mengetahui akan tanda kehamilannya, tentunya mereka akan mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk kesehatan si calon ibu dan perkembangan janinnya.

Berikut kita simak ciri-ciri wanita hamil yang dapat kita ketahui sejak dini.

  1. Mual dan muntah
    Mual dan muntah merupakan tanda awal kehamilan sebelum telat haidyang diakibatkan karena hormone estrogen yang meningkat dan menyebapkan peningkatan asam lambung.

    Selain itu mual dan muntah dapat di pacu oleh adanya perubahan metabolisme pada organ hati pada saat awal kehamilan .Terjadinya mual dan muntah ini akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan.

    Mual dan muntah ini sering disebut “morning sickness” karena biasanya mual dan muntah tersebut terjadi di pagi hari pada beberapa hari pertama setelah pembuahan terjadi.
  2. Mengidam makanan
    Ini adalah ciri yang paling klasik yang mudah ditebak semua orang. Penyebap wanita hamil mengidam makanan adalah karena adanya perubahan hormone di dalam tubuhnya.

    Tapi meskipun demikian mengidam bukan lah tanda yang pasti kecuali jika tanda tersebut di sertai ciri-ciri kehamilan lainnya.
  3. Aerola menghitam
    Jika aerola atau kulit di sekita puting susu berubah warna menjadi kegelapan maka kemungkinan terjadi kehamilan.

    Payudara pun akan lebih sensitif dan ukuran payudara membesar serta terasa lebih berat. Hal ini disebapkan adanya peningkatan hormone progesterone dan estrogen dalam tubuh wanita hamil.
  4. Perdarahan dan kram
    Sekita seminggu setelah ovulasi kemungkinan wanita hamilakan mengalami kram dan perdarahan yang berupa bercak-bercak darah ringan (flek) biasanya darah tersebit berwarna merah muda atau coklat yang seringkali menempel di celana dalam.
  5. Sering buang air kecil
    Setelah janin mengalami implantasi dan mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (Hcg).

    Maka kemungkinan besar calon ibu akan sering mengalami buang air kecil. Ini terjadi karena kandung kemih tertekan oleh ramih yang membesar.
  6. Merasa kelelahan
    Hadirnya janin akan menyebapkan peningkatan pasokan aliran darah menuju ke janin dan tentunya ibu harus berbagi nutrisi dengan janin yang di kandungnya. Pada fase awal penyesuaian, calon ibu biasanya akan sering merasakan capek.

    Oleh karena itu calon ibu yang sudah mengetahui kehamilannya sejak dini harus memperbanyak asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan calon ibu itu sendiri serta janinnya.
  7. Penciuman berubah
    Banyak wanita hamil yang merasakan bau logam di mulutnya, ada juga yang menjadi mual jika mencium bau minuman dan bau makanan yang mungkin sebelumnya disukainya.
  8. Tak lagi mendapat haid
    Jika anda memiliki siklus menstruasi yang teratur dan mengalami keterlambatan pada periode yang berjalan atau yang sering disebut dengan telat datang bulan.

    Sebaiknya anda melakukan tes kehamilan sehingga anda dapat memperkirakan usia kehamilan dan perkiraan waktu bersalin.

Perlu calon ibu ketahui bahwa ciri-ciri wanita hamil pada dasarnya bersifat kasustik yang artinya tidak selalu sama pada semua wanita, tapi meski demikian terdapat beberapa ciri atau tanda yang sama yang harus dikonfirmasi melalui tes kehamilan.

Artikel Terkait