Penyebap dan Ciri Kehamilan Bayi Sungsang


Dalam perkembangannya, janin dalam kandungan akan mengalami perubahan posisi. Dan terkadang posisi janin tersebut tidak seperti yang semestinya. Seperti halnya sungsang atau terbalik. Bayi sungsang menjadi salah satu kondisi yang mungkin saja di hadapi oleh ibu hamil.

Ciri kehamilan sungsang biasanya diketahui sesuah ibu hamil memeriksakan kandunganya ke dokter dan di lakukan pemeriksaan lewat USG, dan akan terlihat semua bagaimana perkembangan hingga posisi janin.

Untuk itulah manfaat anda memeriksakan kandungan ke dokter, agar kita sebagai calon ibu tetap bisa mengontrol dan mengetahui bagaimana perkembangan janin. Apa bila ada masalah dengan janin kita pun dokter akan segera menanganinya.

Untuk mengontol posisi janin dalam kandungan, kita juga dapat melakukannya dirumah dengan cara mengetahui berdasaran ciri – ciri kehamilan yang dapat di amati dari luar. Berikut ciri kehamilan sungsang yang dapat anda ketahui:

  1. Meraba perut
    Bagi anda yang sudah berpengalaman maka hal ini akan anda lakukan senantiasa untuk mengecek kadungan lewat cara meraba perut. Bila kandungan normal, posisi kepala bayi ada di bawah.

    Demikian sebaliknya, bila posisi kepala bayi dalam rahim ada di atas, ini berarti ada sebuah kelainan atau posisi yang salah pada kandungan anda. Posisi kelapa di atas seperti itu sering dinamakan dengan sungsang.

  2. Usia kehamilan
    Biasanya seorang ibu akan merasakan kehamilan sungsang ketika kehamilannya sudah masuk minggu ke – 36 atau mendekati usia persalinan. Hal ini di karenakan usia janin yang semakin tua sehingga gerakan bayi pun telah menjadi lebih kuat.

  3. Posisi tendangan
    Bila anda serimg merasakan tendangan – tendangan bayi pada bagian perut bawah, hal semaca ini bisa anda jadikan patokan bahwaa anda mengalami kehamilan sungsang. Ini karena kaki bayi berada pada posisi bawah serta kepalanya di atas.

Bayi Sungsang Masih Menjadi Kondisi Serius
Biasanya kondisi bayi sungsang menimbulkan rasa kekhawatiran pada saat proses kelahiran, meskipun sudah ada cara aman untuk melahirkan misalkan saja dengan operasi caesar. Berikut penyebap umum yang sering terjadi kehamilan sungsang:

  • Bentuk rahim tak sempurna
    Bentuk rahim yang tak sempurna biasanya menjadi penyebap bayi sungsang. Hal ini biasanya terjadi pada ibu hamil yang memiliki bentuk rahim sempit atau kelainan rahim yang disebapkan cidera, trauma kecelakaan, dan posisi pinggul yang semakin sempit karena usia.

  • Usia ibu hamil
    Semakin tua usia ibu hamil maka semakin besar pula resiko kehamilan sungsang. Resiko hamil di usia 35 tahun ke atas semakin tinggi untuk bayi mengalami sungsang.

    Hal tersebut bisa di pengaruhi dengan perubahan bentuk rahim, kondisi fisik ibu hamil, dan kondisi panggul yang sulit untuk posisi bayi normal.

  • Volume air ketuban
    Air ketuban berfungsi menjaga kenyamanan bayi agar tetap bisa bergerak dengan baik. Namun ada sebuah kondisi kesehatan tertentu ketika ibu hamil memiliki air ketuban yang sedikit. 

    Jika air ketuban terlalu sedikit maka bayi tidak bisa bergerak bebas sehingga sulit untuk masuk ke panggul saat masuk masa persalinan. Sementari air ketuban yang terlalu banyak membuat bayi aktif dan terkadang tidak sesuai dengan posisi yang semestinya.

  • Posisi plasenta tidak tepat
    Jika ibu hamil memiliki posisi plasenta yang terlalu berada di bagian kanan atau bawah bisa menyebapkan bayi sungsang. Hal ini juga dipengaruhi dari posisi plasenta yang memang sudah bermasalah sejak awal kehamilan.

    Gangguan plasenta kehamilan bisa juga karena, merokok saat hamil dan masih melakukan aktivitas yang berbahaya bagi ibu hamil.

  • Stress saat hamil
    Ketika ibu hamil mengalami banyak pikiran atau stress maka bisa juga menjaadi penyebap sebuah kondisi bayi sungsang.

    Hal ini bisa terjadi karena ketika ibu hamil berpikir terlalu keras maka bisa menyebapkan gangguan hormone tubuh yang mengalir ke bayi secara langsung. Dan bayi mencari posisi paling nyaman kerena berbagai perubahan dalam rahim.

Itulah penyebap dan ciri kehamilan sungsang yang dapat anda pahami, meskipun demikian kondisi ini dapat diubah dengan beberapa cara. Cara trsebut dapat anda ketahui lewat dokter yang telah memeriksa kandungan anda.

Artikel Terkait