Memahami Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid


Banyak sekali wanita yang tak menyadari bahwa diri mereka sedang mengandung, tak tanggung – tanggung terkadang usia kehamilan memasuki 12 minggu keatas mereka baru menyadarinya. Kondisi ini dikarenakan kurang peka dan kurangnya pemahaman mengenai Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid.

Padahal mengetahui tanda kehamilan dapat mengurangi resiko kekurangan nutrisi pada tubuh dan janin anda selama berlangsungnya kehamilan. Bahkan bagi anda yang telah mengetahui tanda kehamilan anda dapat mengurangi aktivitas – aktivitas yang terlalu berat.

Memang sebagian wanita bisa mengalami gejala ataupun tanda kehamilan sebelum waktu haid tiba. Hal ini dikarenakan terjadi peruahan hormone pada tubuh.

Dan untuk menjadi patokan sebaiknya anda menyimak informasi mengenai Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid berikut:

  1. Perubahan Warna pada Area Kewanitaan

    Tanda kehamilan yang mungkin anda alami adalah peerubahan warna pada bibir kemaluan. Pada kondisi norma umumnya berwarna merah muda sedangkan ketika mengalami ovulasi akan berubah menjadi lebih pucat.

    Selain perubahan pada warna bibir kemaluan, keluarnya cairan menyerupai keputihan pun akan muncul cairan tersebut merupakan cervical mucus yang sangat tipis sehingga mengeluarkan cairan pada saat pembuahan.

  2. Kram Perut

    Beberapa wanita mengalami kram perut sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Hal ini terjadi karena proses implantasi pada dinding rahim. Implantasi terjadi setelah 8 – 10 har setelah proses ovulasi atau sekitar 4 – 6 hari sebelum menstruasi tiba.

    Karena gejalanya yang mirip dengan mestruasi banyak wanita yang menduga bahwa kondisi ini merupakan gejala menstruasi.

  3. Mual / mutah

    Tanda awal kehamilan selanjutnya peningkatan hormone estrogen dimana kadar asamm lambung meningkat sehingga memicu rasa mual. Beberapa wanita mengalami mual begitu dini yakni pada usia kandungan memasuki satu minggu seteleh terjadinya proses pembuahan, atau kira – kira seminggu sebelum menstruasi berikutnya.

    Perubahan selanjutnya adalah perubahan mertabolisme glikogen hati yang juga dapat menyebapkan rasa mual. Bahkan mual pada ibu hamil diusia kehamilan muda dipicu juga karena factor psikologis.

  4. Sering Buang Air Kecil

    Sering merasakan buang air dengan intensitas tinggi merupakan akibat dari pertumbuhan janin pada rahim yang terus membesar. Kondisi janin yang membesar ini akan menekan kandung bagi kemih, bagi beberapa wanita ini merupakan tanda awal kehamilan bahkan sebelum terlambat haid.

  5. Perubahan dan Nyeri Payudara

    Tanda awal kehamilan yang dapat anda rasakan adalah payudara yang lebih sensitive terhadap sentuhan, bahkan terkadang anda akan merasakan tidak nyaman ketika memakai bra karena akan terasa nyeri.

    Pada 2 – 3 minggu setelah pembuahan, perubahan hormonal bisa membuat payudara seperti ini. Payudara pun akan terasa lebih berat dan penuh, hal ini akan berlangsung seiring bertambahnya usia kehamilan.

  6. Pusing
    Apakah anda sering mengalami pusing akhir – akhir ini? Mungkin saja anda mengalami tanda awal kehamilan. Pusing ini terjadai akibat pembuluh darah yang membesar dan tekanan darah menjadi turun, disamping itu anad juga akan merasakan lemas akibat rendah nya kadar gula darah.

  7. Suhu Tubuh

    Anda dapat mengetahui tanda awal kehamilan melalui pengukuran suhu tubuh. Caranya adalah anda dapat mengukur suhu tubuh ketika bangun pagi sebelum anda beranjak dari tempat tidur. Wanita yang mengelami pembuahan cenderung akan mengalami kenaikan suhu tubuh dari suhu normal.

Sekita informasil mengenai Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Artikel Terkait