Kenali Tanda Wanita Hamil Ektopik Sejak Dini



Hamil ektopik merupakan salah satu bahaya dalam kehamilan yang menghantui setiap wanita hamil. Gejala yang mendandai terjadinya kehamilan ektopik adalah terjadinya perdarahan pada trimester awal kehamilan yang disertai dengan nyeri perut yang sangat hebat.

Pada umunya proses kehamilan yang normal terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tertanam di dalam rahim dan janin akan bertambah besar dan berkembang dengan baik karena asupan nutrisi dari pembuluh darah yang banyak.


Namun, untuk kasus kehamilan ektopik sangat berbeda dengan kehamilan normal karena sel telur yang telah dibuahi tidak tertanam di dalam rahim dan berada di tempat lain di luar rahim seperti pada saluran tuba. Dan pada kondisi ini janin tidak bisa berkembang layaknya pada kehamilan normal, karena janin tersebut tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Kehamilan ektopik pada seseorang wanita 95% terjadi pada saluran tuba yang menghubungkan indung telur dengan rahim.

Kenali Tanda Wanita Hamil Ektopik Sejak Dini

Pecahnya saluran tuba merupakan salah satu kondisi berbahaya yang membutuhkan penanganan dan terapi yang cepat, karena jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan membahayakan kondisi si ibu juga.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini karena dalam artikel ini selain membahas Tanda Wanita Hamil ektopik juga membahas factor – factor penyebap kondisi ini.

  1. Pendarahan dari Jalan Lahir

    Gejala pertama yang dapat dialami ibu hamil ektopik adalah pendarahan dari jalan lahir. Pendarahan ini biasanya berupa bercak darah atau spotting yang terjadi pada usia kehamilan yang masih muda yakni dibawah 20 minggu.

    Selain itu sebenarnya pada saluran tuba seorang wanita juga mengalami perdarahan dalam rongga perut. Perdarahan ini dapat menyebapkan seorang wanita mengalami syok yang terjadi akibat kehilangan banyak darah.
  2. Abdominal Pelvic Tenderness

    Kondisi ini merupakan kondisi dimana daerah perut terutama bagian bawah teraba tegang saat dilakukan pemeriksaaan. Kondisi yang demikian ini disebapkan oleh suatu proses peradangan pada lapisan perut bagian dalam ( peritoneum ) yang terjadi akibat pecahnya saluran tuba. Abdominal Pelvic Tenderness juga dapat terjadi secara difusi ( menyeluruh ) maupun terlokalisir.
  3. Nyeri Perut

    Tanda Wanita Hamil ektopik yang biasanya dialami oleh wanita hamil adalah rasa nyeri perut yang terjadi secara tiba – tiba atau mendadak. Hal ini disebapkan karena pecahnya saluran tuba tempat dimana hasil pembuahan tertanam.

    Tipe nyeri perut yang dirasakan ibu hamil pun beragam, bila dirasakan pada bagian perut kanan atau kiri bawah atau bersifat menyeluruh dan dirasakan sama diseluruh perut, kondisi seperti ini dapat menyebapkan bahaya bagi keselamatan seorang wanita jika tidak ditangani dengan benar dan sesegera mungkin.
Faktor – faktor Penyebab Terjadinya Kehamilan Ektopik 
  • Pertama adalah kelompok risiko tinggi, mayoritas penderita kehamila ektopik memang berasal dari kelompok ini. Wanita yang termasuk dalam kelompok risiko tinggi adalah wanita – wanita yang mempunyai riwayat operasi pada saluran tuba sebelumya.

    Selain itu, penggunaan AKDR ( alat kontrasepsi dalam rahim ) yang tidak terkontrol dengan baik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini.
  • Kedua adalah kelompok risiko sedang, biasanya meliputi wanita – wanita dengan riwayat infertilitas atau susah mendapatkan momongan selama bertahun – tahun.

    Tak jauh berbeda dengan kelompok risiko sedang, pada kelompok dengan factor risiko rendah juga didapatkan bahwa kehamilan ektopik mugkin bisa disebapkan kebiasaan bilas genital dengan berbagai produk yang belum jelas khasiatnya.
Untuk itulah pentingnya pemeriksaan kehamilan sejak dini bukan hanya untuk mengetahui jenis kelamin si janin melainkan juga untuk mengetahui kondisi janin yang sebenarnya di dalam kandungan. Jadi, untuk para calon ibu jangan bermalas – malas untuk memeriksakan diri ke dokter.

Demikianlah beberapa Tanda Wanita Hamil ektopik dan juga factor penyebapnya yang dapat anda pahami.

Artikel Terkait