Pertumbuhan Kehamilan Usia 6 Minggu


Kondisi yang Dialami Sang Ibu

Pada awal kehamilan, calon Ibu akan sering merasa mual akibat perubahan hormon. Hal tersebut biasanya membuat calon ibu merasa malas untuk makan, apalagi saat memasuki usia kehamilan 6 minggu, seorang ibu mulai mengalami gejala - gejala seperti sering buang air kecil akibat dari membesarnya uterus atau rahim.

Hal tersebut sangat mengganggu istirahat sang ibu diwaktu malam hari dimana seharusnya sang ibu beristirahat. Terkadang ada juga beberapa ibu hamil yang merasa begah dan kembung.

Kehamilan Usia 6 Minggu

Kelelahan yang sering dirasakan benar-benar dapat melemahkan kondisi tubuh sang ibu. Oleh karena itu untuk mengatasi terjadinya morning sickness pada kehamilan 6 minggu, calon ibu bisa memperbanyak istirahat, selain itu bisa dibantu dengan meninum beberapa obat-obatan alami atau herbal untuk mengurangi rasa lelahnya yang berlebihan.

Olahraga ringan seperti berjalan-jalan atau melakukan peregangan lembut seperti gerakan yoga untuk meningkatkan energi sang ibu.

Kondisi yang Dialami Sang Calon Bayi

Saat hamil memasuki umur 6 minggu, kondisi embrio bayi sudah mencapai 2-4mm. Perkembangan ini menjadi hal yang sangat menggembirakan untuk sang ibu dan janin dimana organ tubuh bagian luar mulai bertumbuh dan berkembang.

Yang terjadi pada kondisi ini muncul tunas mungil yang nantinya akan berkembang menjadi lengan dan kaki serta mulai terbentuk jari kaki dan tangan yang kecil.

Bentuk janin pada umur kehamilan 6 minggu ini masih sebesar biji kacang namun jantungnya sudah berdenyut 100-160 kali dalam semenit. Posisinya janin didalam rahim sang ibu ialah meringkuk.

Baca juga : Tanda Kehamilan Usia 8 Bulan

Pada perkembangan otaknya di trimester kedua sudah bisa dibaca gelombang-gelombang otaknya dan jaringan syarafnya mulai berkembang pesat. Meskipun wajah belum terlihat pada usia kehamilan 6 minggu, akan tetapi pertumbuhan pada mata janin sudah mulai bisa terlihat.

Tabung syaraf seperti otak, saraf tulang belakang dan jaringan saraf lain dari system saraf pusat mulai terbentuk dengan baik. Begitu juga dengan sistem pencernaan dan pernafasannya sudah mulai dibentuk.

Artikel Terkait