Tanda-Tanda Kehamilan Dini Yang Harus Diketahui


Setiap pasangan suami istri yang sudah menikah, kehamilan merupakan sebuah hal yang sangat di tunggu-tunggu. Kehamilan terjadi karena embrio didalam rahim wanita berhasil di buahi oleh sperma. Banyak wanita yang tidak menyadari tentang kehamilannya. Mereka baru menyadari setelah 1 bulan berjalan. Biasanya tanda awal terjadi kehamilan karena telat menstruasi pada bulan tersebut. Tetapi sebenarnya ada tanda lain yang bisa anda kenali. Tanda-tanda ini yang sering dilupakan oleh banyak wanita. Berikut ini akan saya berikan tanda-tanda kehamilan dini yang harus anda ketahui.

Perubahan Bentuk Tubuh

Tanda-tanda kehamilan dini yang wajib anda ketahui adalah perubahan bentuk tubuh. Pertama pada bagian payudara yang agak membengkak. Selain itu terkadang terasa nyeri atau kesemutan. Ini hampir sama dengan pre menstruasi tetapi lebih sering terasa. Kedua bagian putting payudara agak gelap dari sebelumnya. Ini terjadi karena perubahan hormone di dalam tubuh. Perubahan bentuk yang paling terlihat adalah perut yang semakin besar. Perubahan ini tak hanya terjadi pada perut saja. Tetapi terkadang bagian paha, kaki, bokong juga agak sedikit membengkak.

Tanda-Tanda Kehamilan Dini

Mual Dan Mudah Lelah

Mual dan mudah lelah menjadi salah satu tanda-tanda kehamilan dini yang sering terjadi. Pada trimester pertama, ibu hamil akan mudah merasa lelah dan sering mengalami mual (morning sickiness). Hal ini memang kejadian yang wajar dan hampir sebagian ibu hamil pasti mengalaminya. Rasa mudah lelah ini terjadi karena tubuh menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru dan diakibatkan oleh peningkatan hormone progesterone. Selain itu tekanan darah dan kadar gula yang meningkat membuat badan lebih mudah cepat lelah.
Baca juga : Info Tanda Kehamilan Terbaru
Untuk rasa mual atau morning sickness terjadi karena peningkatan hormone Human Chorionic Gonadotrophin (HCG). Peningkatan hormone ini membuat bagian perut terasa perih dan akhirnya kita merasa mual atau ingin muntah. Morning sickness ini biasanya hanya terjadi pada trimester pertama dan menjelang trimester kedua akan hilang sendiri. Selain tanda-tanda kehamilan dini di atas, anda juga harus memperhatikan gejala lainnya. Seperti menstruasi yang terlambat, skram perut, perubahan mood, sering buang air kecil dan masih banyak lainnya.

Artikel Terkait