Gejala Kehamilan yang Harus Diwaspadai


Kehamilan dengan gejala – gejala yang menyertai selama proses kehamilan memang sudah menjadi hal normal. Karena pasti setiap wanita yang mengandung mengalami gejala tersebut. Namun ada saatnya dimana anda bertanya – tanya apakah yang anda rasakan merupakan hal yang normal atau tidak.



Pada umumnya, gejala normal akan anda rasakan di awal kehamilan seperti mual, pusing, perubahan bentuk fisik dan lain sebagainya.

Bagi anda yang merasakan gejala aneh yang tak seharusnya anda alami selama kehamilan, segeralah konsultasikan dengan dokter. Agar dokter dapat sesegera mungkin mengevaluasi kondisi anda agar dapat dipastikan apakah masalah serius atau tidak.

Sebenarnya jenis gejala kehamilan yang harus anda waspadai sangat beragam, dari yang ringan samapi berat. Semua jenis gangguan tersebut dapat di atasi bahkan beberapa di antaranya dapat di cegah sejak dini.

Upaya pencegahan dapat dilakukan selama pemeriksaan kehamilan secara rutin. Berikut gejala kehamilan yang harus anda waspadai.

  1. Sakit Perut Bagian Bawah
    Saat anda merasakan sakit yang teramat sangat pada satu atau kedua sisi perut bagian bawah, maka anda sudah harus memeriksakan kondisi tersebut ke dokter dan memastikan gejalah apakah yang anda alami.

    Ligame anda bisa tertarik atau meregang, dimana hal ini biasa terjadi pada saat kehamilan, atau mungkin saja menjadi sebuah tanda:
    - Keguguran
    - Kehamilan ektopik
    - Persalinan premature
    - Fibroid rusak dan mengalami perdarahan
    - Placenta abruption, ketika plasenta terlepas dari dinding rahim

  2. Kehamilan Lewat 5 Bulan, Tak Merasa Ada Gerakan Janin
    Dokter atau bidan harus segera memastikan kondisi tersebut karena bisa jadi janin sudah mati dalam kandungan.

    Jika dari pemeriksaan tidak terdengar lagi bunyi detak jantung anak, berarti sudah di pastikan bahwa janin tersebut telah mati dalam kandungan. Harus ada tindakan cepat untuk segera mengeluarkan bayi tersebut.

    Jika tidak di keluarkan akan membahayakan kondisi ibu, karena bayi mati dalam kandungan lama – lama akan mongering, dan perut ibu akan susut menjadi kecil.

  3. Sakit Kepala Berat Berkepanjangan
    Jika anda merasakan pusing yang berkepanjangan dan disertai penglihatan buram dan pembengkakan parah dalam tubuh, kemungkinan anda menderita pre-eklampsia.

    Meskipun demikian, sering sakit kepala memang menjadi hal biasa saat kehamilan. Namun, anda harus tetap menemui dokter untuk mengkonsultasikan kondisi tersebut.

  4. Sering Berdebar – Debar, Sesak Napas, dan Cepat Lelah
    Waspadalah jika anda mengalami gejala kehamilan tersebut yang berlangsung terus menerus. Jika tadinya keluhan tersebut berlangsung saat melakukan aktivitas fisik, namun sekarang tidak melakukan aktivitas fisik pun sudah mengalami berdebar dan sesak nafas.

    Kemungkinan ada gangguan jantung selama kehamilan. Ibu hamil dengan kondisi tersebut memerlukan penangan khusus saat persalinan tiba.

  5. Cairan Keluar dari Vagina
    Jika terdapat cairan yang keluar dari vagina sebelum 37 minggu, mungkin ketuban anda pecah lebih awal.

    Setelah ketuban pecah, mungkin anda harus mempersiapkan persalinan premature. Segera hubungi dokter dan agar anda dan bayi anda mendapat penanganan yang tepat.

Jika anda tidak nyaman dengan gejala kehamilan yang menggangu, jangan perah ragu untuk mengkonsultasikan dengan dokter atau bidan.

Karena dokter akan memastikan jika terdapat gejala yang bahaya maka anda akan mendapatkan perawatan yang baik dan benar, jika tak di dapati gejala yang berbahaya maka anda akan pulang tanpa kekawatiran lagi kan?

Artikel Terkait