Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Pertama, Penting


Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tungggu oleh semua pasangan dan merupakan saat yang paling indah dan bahagia. Akan tetapi meskipun menjadi saat yang paling membahagiakan, masa kehamilan juga menjadi saat yang menakutkan bagi seorang istri, bukan karena bentuk badan yang akan berubah akan tetapi lebih pada ketakutan akan janin yang sedang dikandungnya, ketakutan akan persalinan dan berbagai ketakutan lainnya. Disinilah peran suami menjadi sangat penting apalagi di awal kehamilan dimana istri akan lebih rentan pada trimester pertama. Nah, anda suami jika istri menunjukkan tanda-tanda kehamilan minggu pertama ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan seperti.

Tanda-Tanda Kehamilan Minggu Pertama

  1. Memberikan perhatian yang berlimpah kepada istri

    Tanda-tanda kehamilan minggu pertama biasanya istri akan lebih sensitif, morning sickness, mual, ngidam, dan juga menjadi lebih manja. Memberikan perhatian lebih kepada istri saat menunjukkan tanda-tanda hamil di minggu pertama akan sangat membantu istri melewati trimester pertama yang rentan. Anda sebagai suami juga dapat menggantikan beberapa pekerjaan istri seperti membuat sarapan, membersihkan rumah ataupun mencuci karena istri pada awal kehamilan sangat mudah lelah sehingga membutuhkan istirahat lebih.

  2. Menjadi suami yang siap siaga

    Jika istri menunjukkan tanda-tanda kehamilan minggu pertama maka sebagai suami anda harus berubah menjadi suami siaga yang siap kapan saja. Siap mengantar istri kemana saja selama anda bisa. Anda sebagai suami dapat mengurangi beberapa jadwal kerja yang bisa ditinggalkan untuk memberikan perhatian lebih kepada istri. Pastikan bahwa anda sebagai suami selalu mendampingi istri terutama ketika istri melakukan pemeriksaan ke dokter.
    Baca juga : Tips Seputar Kehamilan Wanita
    Meskipun terkesan sepele, akan tetapi perhatian sedikit yang anda berikan kepada istri apalagi istri akan sangat bahagia ketika mengetahui suaminya siap siaga akan berpengaruh pada kesehatan psikisnya. Seorang wanita yang hamil lebih rentan terhadap gejala psikis yang berlebihan dibanding dengan fisik mereka.

  3. Menjaga kesehatan istri

    Meskipun sudah pasti istri anda akan sangat menjaga kesehatan demi calon buah hati kalian, akan tetapi anda sebagai suami juga harus memberikan andil dalam menjaga kesehatan istri. Anda harus selalu mengingatkan istri agar mengikuti pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, mengurangi kegiatan yang membahayakan kandungan. Jangan lupa untuk mengingatkan istri mengkonsumsi vitamin dan susu, istirahat yang cukup.

    Nah, jika anda termasuk pecandu rokok maka berhentilah dengan kebiasaan anda tersebut. Ingat, kandungan zat kimia dalam asap rokok sangat membahayakan ibu hamil dan janin yang sedang dikandungnya. Tanda-tanda kehamilan minggu pertama biasanya istri akan cepat lelah, pusing dan sebagainya. Anda sebagai suami dapat melakukan pijatan ringan kepada istri ataupun membawa ke dokter.

    Dengan semua kesiapan dan perhatian anda kepada istri ketika mengalami berbagai tanda kehamilan di minggu pertama tersebut maka akan membuat istri nyaman, tenang, siap dan membuat perkembangan janin lebih bagus.

Artikel Terkait