Sedikit Informasi Pada Saat Usia Kehamilan 7 Bulan


Ibu hamil mengandung sang buah hati mulai dari bulan pertama hingga sembilan bulan lamanya. Dan pada usia kehamilan 7 bulan biasanya banyak ibu hamil yang mengeluh karena sering mengalami kesakitan serta sudah bisa merasakan pergerakan janin di dalam rahim yang kadang bisa membuat Anda kaget karena beberapa gerakan dari janin tersebut. Seiring semakin besarnya kandungan maka beban yang akan Anda tanggung juga akan semakin bertambah berat tentunya. Itulah yang membuat banyak ibu hamil mengeluh sering lelah dan lebih sering sakit pada punggung. Hal tersebut sudah tidak bisa dipungkiri lagi karena tubuh Anda lebih cenderung condong kedepan akibat semakin besarnya ukuran kandungan Anda.

Ketika tubuh sudah condong kedepan dan aktifnya hormon kehamilan Anda membuat persendian tulang belakang Anda menjadi lunak. Dan pada akhirnya membuat ibu hamil mengeluh nyeri serta pegal pada punggung bagian belakang. Hormon kehamilan yang berjalan pada usia kehamilan 7 bulan juga membuat pembuluh darah membesar pada bagian aluran pernafasan.

usia kehamilan 7 bulan

Rahim yang juga semakin besar membuat paru-paru serta diafragma Anda terasa seperti tertekan. Sehingga wajar saja apabila Anda sering merasa lelah , sulit tidur dan kadang merasakan sesak napas. Jika pada keadaan seperti ini Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut hanya bawaan hamil saja. Usahakan untuk tidur miring dengan satu kaki disanggal bantal agar rasa lelah Anda bisa terkurangi.


Selain beberapa keluhan tersebut ada beberapa ibu hamil yang mengeluh karena produksi keringat yang cukup banyak. Ada pula yang muncul varises atau pembengkakan pada bagian tangan serta kaki akibat cairan tubuh yang tertimbun pada bagian tersebut. Solusi untuk masalah seperti itu adalah dengan mengurangi posisi berdiri atau berjalan terlalu jauh.

Usahakan untuk banyak beristirahat saja ketika sudah menginjak usia kehamilan 7 bulan. Anda bisa beristirahat dengan cara duduk bersandar sambil menyangga kedua kaki diatas bantal. Dan jika Anda seorang pegawai sebaiknya segera ambil cuti hamil apabila Anda sudah sering mengalami rasa lelah ketika bekerja. Utamakanlah kondisi Anda dan juga janin Anda ketika sudah menginjak usia kehamilan 7 bulan keatas. Itu tadi sedikit info agar bisa membantu Anda tetap sehat dan buah hati juga sehat hingga lahir.

Artikel Terkait